Pakai Yamaha TransAcoustic Piano, Ananda Sukarlan Mainkan Rapsodia Nusantara

Sabtu, 16 Desember 2023 – 00:29 WIB
Musisi sekaligus komponis, Ananda Sukarlan saat memainkan Yamaha TransAcoustic Piano seri TC3 di Ashta 8, Jakarta Selatan, Jumat (15/12). Foto: Dedi Yondra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Yamaha Musik Indonesia resmi memperkenalkan produk terbaru dari Yamaha TransAcoustic Piano seri TC3 di Ashta 8, Jakarta Selatan, Jumat (15/12).

Acara peluncuran dihadiri oleh GM Sales Marketing Yamaha Musik Indonesia Distributor Hiroshi Tada, Teffy Mayne, Product Specialist, musisi Ananda Sukarlan, Filda Salim, dan lainnya.

BACA JUGA: Yamaha Musik Gelar Lomba Pianica Nasional 2023, Ini Persyaratannya

Pada kesempatan tersebut, Ananda Sukarlan sempat memainkan lagu Rapsodia Nusantara dengan memakai TransAcoustic Piano.

Dia memainkan nada-nada dari Rapsodia Nusantara hanya dengan satu tangan kiri saja.

BACA JUGA: Yamaha Perkenalkan Gitar New Revstar, Rendy Pandugo Takjub

"Ini lagu yang dibuat untuk anak disabilitas, jadi hanya tangan kirinya saja yang berfungsi. Piano ini bisa mengakomodir semua," kata Ananda Sukarlan di Ashta 8, Jakarta, Jumat (15/12).

BACA JUGA: Yamaha Musik Indonesia Meluncurkan DM7 Series, Spesifikasi Tinggi 

Filda Salim juga sempat memainkan beberapa lagu dengan memakai TransAcoustic Piano.

Dia pun terpukau dengan keunggulan, suara, dan fitur dari produk baru Yamaha Musik tersebut.

"Bisa mengeluarkan berbagai macam suara, bisa mengombinasikan semuanya, makin asyik," jelasnya.

Teffy Mayne sebagai Product Specialist menjabarkan perjalanan Yamaha hingga akhirnya meluncurkan TransAcoustic Piano seri TC3.

Dia mengatakan Yamaha telah memproduksi piano akustik selama lebih dari 120 tahun lamanya, dan tanpa henti mengembangkan perpaduan keterampilan ahli dan teknologi mutakhir.

Semua produksi senantiasa berupaya mengikuti tren dan gaya hidup yang berubah agar piano Yamaha yang dapat terus menyatu dengan kehidupan sehari-hari.

"Yamaha memproduksi piano kurang lebih 120 tahun, membentuk fondasi pengetahuan dan keahlian unik, Yamaha adalah penghasil piano terbesar lebih dari 8 juta piano," bebernya.

Menurutnya, Yamaha memproduksi sendiri seluruh bagian piano bahkan sampai parts terkecil untuk konsistensi standar mutu tinggi.

Sejarah yang panjang, kaya pengalaman dan pabrikan in-house dilengkapi dengan pengerjaan tangan total dan inovasi teknologi sehingga menghasilkan piano berkualitas tinggi.

Pada mulanya, piano akustik diciptakan dalam bentuk grand piano, dan se-abad kemudian, diciptakan piano upright yang ditujukan untuk tempat yang terbatas.

Kini PT. Yamaha Musik Indonesia Distributor meluncurkan TransAcoustic Piano seri TC3, sebuah piano akustik upright dengan konsep Always in Tune with You.

Artinya, piano aksutik berteknologi tini yang dapat dinikmati bebas kapan saja dengan mudah dan menyenangkan, namun tetap mempertahankan esensi serta daya tarik dari sebuah akustik piano.

Dengan Teknologi TransAcoustic, suara digital sudah terpasang di piano akustik.

Namun, tanpa adanya speaker di dalamnya, output suara menggunakan teknologi transducer ditempel di soundboard piano.

Hal itu bertugas mengubah signal suara menjadi getaran yang beresonansi ke soundboard piano sebagai sumber output dengan kualitas suara akustik yang otentik dan kaya, sama seperti saat dimainkan secara akustik biasa.

Teknologi transducer mengubah signal suara menjadi geteran-beresonansi ke sounbboard menghasilkan output suara akustik yang autentik.

"TransAcoustic Piano TC3 memungkinkan kita mengontrol volume piano secara langsung tanpa menunakan headphone, untuk menghilangkan rasa khawatir akan waktu dan sekeliling kita," beber Teffy Mayne.

"Jika ingin fokus bermain piano dan tidak terganggu akan sekeliling, dapat menunakan headphone tanpa merasa adanya perbedaan kualitas suara, baik saat menunakan atau tanpa headphone," lanjutnya.

Tidak hanya itu, TransAcoustic Piano TC3 juga memiliki sederet keunggulan lainnya.

Seperti, fitur Grand Expression, fitur Record dan playback (built in dan USB Flash Drive), dapat merekam permainan dalam format WAV, koneksi bluetooth, pengaturan transpose tuning metronome layer, dan sebagainya.

Serangkaian fitur TransAcoustic Piano yang mewujudkan kebebasan dalam berlatih piano, sangat cocok bagi para murid kursus piano.

Namun tentunya juga dengan fitur yang lengkap juga dapat digunakan bagi para, guru, pe cinta piano, sampai dengan pianist profesional serta institusi dan tempat hiburan.

TransAcoustic Piano seri TC3, tersedia dua tipe yaitu U1J TC3 Polished Ebony (dengan tinggi body 121cm) dan JU109 TC3 PE Polished Ebody (dengan tinggi body 109cm). (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler