Pakar Hidrasi Internasional Berbagi Ilmu di IHWG Week 2017

Senin, 06 November 2017 – 15:30 WIB
Profesor Stavros Kavouras dan Isabelle Guelinckx. Foto: Danone for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia Hydration Working Group (IHWG) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) mengadakan IHWG Week 2017.

Acara yang didukung PT Tirta Investama (Danone Aqua) ini diselenggarakan di kampus Fakultas Kedokteran UI pada 6-8 November 2017.

BACA JUGA: Please, Jangan Sudutkan Hanna Anisa tapi Kejar Pelakunya

Event tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan tentang manfaat air dan hidrasi sehat berdasarkan kajian ilmiah terkini.

Selain pakar kesehatan dari dalam negeri, IHWG Week juga menghadirkan dua akhli kesehatan hidrasi internasional.

BACA JUGA: Danone Ajak Stakeholder Gabung Gerakan Revolusi Pangan

Yakni, Stavros Kavouras dari University of Arkansas, Amerika Serikat (AS), Ivan Tack (Toulouse School of Medicine Paul Sabatier University, Prancis), dan Isabelle Guelinckx (Danone Research Palaiseau, Prancis).

Para pakar tersebut menyampaikan beberapa topik presentasi seputar hidrasi dan kesehatan.

BACA JUGA: Presdir Tirta Investama Tegaskan Aqua Junjung Etika Bisnis

“IHWG Week menggelar serangkaian acara ilmiah melalui meet the expert, masterclass dan scientific symposium yang diperuntukkan bagi dokter serta tenaga medis lainnya dari beberapa universitas di Indonesia,” kata Ketua IHWG Budi Wiweko, Senin (6/11).

Dalam program meet the expert (jumpa pakar), Kavouras memaparkarkan topik Publishing a Research Study From The Idea to The Paper untuk mendukung peningkatan kapasitas peneliti di Indonesia dalam membuat publikasi ilmiah internasional yang kredibel.

Sementara itu, Isabelle berbagi pengetahuan mengenai fluid intake and hydrogenic environment, yaitu bagaimana faktor lingkungan sangat diperlukan untuk membentuk hidrasi sehat.

“Selain itu, pada 7 November IHWG akan diselenggarakan juga program masterclass yang merupakan kelas sehari dengan pendekatan 360 derajat mengenai ilmu hidrasi. Itu mencakup hydration basic, fluid intake, dan kidney health. Masterclass ini juga akan menghadirkan Profesor Stavros Kavouras dan Isabelle Guelinckx, serta Professor Ivan Tack,” imbuh pria yang karib disapa Dokter Iko itu.

Pesan kunci dalam program IHWG Week ini meliputi fungsi air bagi tubuh, efek jangka pendek dan jangka panjang jika tidak cukup minum, bagaimana cara mengukur hidrasi yang cukup (dengan stiker warna urine), dan fakta ilmiah akan kebiasan minum di Indonesia.

Selain masterclass, ada juga paralel symposium pada 8 November 2017 dengan topic Kid’s Hydration (hidrasi anak).

Topik itu mencakup the hydration basic of kids (dasar hidrasi anak), kids fluid intake (asupan cairan pada anak), dan rekomendasi asupan air bagi anak Indonesia. Simposium ini menghadirkan Kavouras, Isabelle, serta Titis Prawitasari.

Pesan utama dalam simposium ini adalah rekomendasi hidrasi sehat pada anak Indonesia (berapa banyak minum, bagaimana cara mengukur kecukupannya dan sikap perilaku terhadap anak).

“Danone Aqua turut mendukung acara IHWG Week ini karena kami yakin hidrasi yang sehat sangat berperan dalam meningkatkan status kesehatan masyarakat,” kata Hydration Science Director Danone Aqua Tria Rosemiarti.

Air merupakan komponen utama dalam tubuh manusia. Pada pria dewasa sebanyak 55-60 persen.

Pada perempuan dewasa sebanyak 50-60 persen dari berat tubuh.

Karena perbedaan dalam komposisi tubuh, anak-anak memiliki persentase kandungan air tubuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang dewasa.

Rata-rata, air mewakili 75 persen massa tubuh bayi sampai usia enam bulan.

Setelah itu, menurun cepat selama masa bayi dan melambat pada masa kanak-kanak.

Tanpa air, seluruh kegiatan manusia tidak mungkin dapat berlangsung.

Tidak ada satu pun reaksi kimia dalam tubuh dapat berlangsung tanpa adanya air. Air sebagai salah satu zat gizi makro esensial mempunyai fungsi dalam berbagai proses penting dalam tubuh.

Yakni, sebagai pembentuk sel dan cairan tubuh, pengatur suhu tubuh, pelarut  dalam proses pencernaan makanan, pelumas dan bantalan, media transportasi, dan media eliminasi sisa metabolism dalam tubuh.

Peenelitian terkini juga menyatakan bahwa pada anak yang beraktivitas, perbaikan status hidrasi akan membantu meningkatkan ketahanan fisik (American Academy of Pediatrics Committee on Nutrition  and Council on Sports Medicine and Fitness, 2011).

Penambahan konsumsi  air putih pada anak dapat mendukung fungsi penglihatan dan memori.

Pengertian hidrasi sehat adalah minum air sesuai kebutuhan (berdasarkan usia, jenis kelamin, aktivitas fisik dan lingkungan) untuk menggantikan air yang hilang melalui urine dan keringat dan menjaga keseimbangan cairan  tubuh.

Kebutuhan minum pada pria dewasa adalah 8-10 gelas, wanita dewasa 6-8 gelas, anak-anak 5-7 gelas, tergantung dari ukuran gelas yang digunakan (AKG 2013).

Data terkini hasil penelitian pakar dari Prancis mengenai hidrasi di Indonesia menunjukkan bahwa satu dari empat orang dewasa/anak belum minum cukup.

IHWG berdiri di Jakarta pada 2012 berkat kerja sama UI yang diwakili oleh Fakultas Kedokteran dan PT Tirta Investama (Danone Aqua) dalam bentuk public private partnership untuk membantu meningkatkan pengetahuan tentang hidrasi sehat.

IHWG memiliki visi dan misi advancing hydration science and sharing hydration knowledge.

Hal itu bertujuan meningkatkan kesehatan pada manusia dengan mempromosikan dan mengembangkan hidrasi sehat di masyarakat dengan pendekatan ilmiah kepada kalangan profesional kesehatan, ilmuwan dan pemerintah.

Hingga saat ini, mereka terus mewujudkan komitmennya untuk mengadakan kampanye dan edukasi mengenai hidrasi sehat kepada tenaga kesehatan, dan masyarakat umum.

Beberapa kampanye yang dilakukan seperti Ayo Minum Air (Amir) dengan Kementerian Kesehatan, pendidikan anak usia PAUD dengan HIMPAUDI pada 2018, dan melaksanakan riset kesehatan dengan dasar public health. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Peringati Sumpah Pemuda, FTUI Gelar Acara Untuk Negeri


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler