Pakar Minta Menhub Era Prabowo-Gibran Paham Transportasi, Lalu Usulkan Nama Ini

Rabu, 31 Juli 2024 – 14:38 WIB
Captain Coky Leonardo Panjaitan (tengah). Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Pakar perhubungan Tiop Gomos Dongoran menyebut Menteri Perhubungan (Menhub) era pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka seharusnya sosok berkompetensi di bidang transportasi dan berdedikasi.

Sebab, kata Tiop, transportasi di Indonesia yang bakal memasuki usia ke-79 masih belum sempurna dengan banyak perbaikan.

BACA JUGA: Menhub: Arus Balik Relatif Lancar dan Terkendali Berkat Berbagai Langkah Antisipatif

"Sebagai negara kepulauan yang terdiri dari lebih dari 17 ribu pulau, peran moda transportasi sangat krusial dalam menggerakkan roda ekonomi Indonesia," ujar mantan pegawai Departemen Perhubungan Laut di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) itu di Jakarta, seperti dikutip Rabu (31/7).

Tiop melanjutkan perlu seorang pemimpin yang mumpuni di bidang perhubungan demi mengatasi permasalahan dalam transportasi.

BACA JUGA: Wahai Pemudik, Tolong Simak Imbauan Menhub Budi Ini

"Jangan seperti yang lalu-lalu ini, mengangkat menteri yang tidak mengerti transportasi. Salah satu bidang pun dia tidak mengerti, bagaimana dia mau memimpin," katanya.

Dia kemudian menilai sosok Captain Coky Leonardo Panjaitan, yang memiliki keahlian di bidang perhubungan laut cocok menjadi Menteri Perhubungan era Prabowo-Gibran.

BACA JUGA: ABUPI Gelar Seminar Nasional & Rakernas, Menhub Sampaikan Apresiasi

Tiop menyebut Captain Leon menguasai aturan di perhubungan laut meski belum menjabat di level eksekutif.

Dia melanjutkan pengalaman Leon sebagai nahkoda di luar negeri dan penanganan berbagai kasus laut menunjukkan kompetensi di bidang tersebut.

"Rekam jejak Captain Leon menguasai masalah perhubungan laut. Jadi minimal dia menguasai salah satu aspek dari transportasi. Perlu diketahui, sumber daya manusia adalah inti dari manajemen," ujar Tiop.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa Leon juga sangat menguasai aturan-aturan di laut dan sering menyelesaikan persoalan antara pihak ketiga dan pemerintah. 

Menurutnya, rekam jejak demikian membyat Leon bisa dipertimbangkan menjadi Menhub era Prabowo-Gibran periode 2024-2029.

"Kementerian Perhubungan adalah kementerian yang melaksanakan tugas dan fungsi yang sangat teknis. Tidak bisa main-main," tutup Tiop.

Diketahui, Captain Coky Leonardo Panjaitan saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Perlindungan Pelaut Indonesia (PPPI). 

Selama ini, Captain Leon berkecimpung dalam dunia usaha transportasi dan berbagai usaha logistik serta menjadi politikus Partai Gerindra. (ast/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler