Pakde Karwo Berangkatkan 1500 Pemudik

Sabtu, 24 Juni 2017 – 09:00 WIB
Vice President PT Surya Timur Sakti Jatim, Ellen C Tansil memegang bendera start didampingi Gubernur Soekarwo dan forkopimda serta pendukung acara lain memberangkatkan bus pemudik gratis bareng Yamaha. Radar Surabaya/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 1500 pemudik yang mengikuti Mudik Gratis Bareng Yamaha dan Radar Surabaya diberangkatkan dari frontage road sisi barat depan gedung Graha Pena, Jumat (23/6) pagi.

Mereka diberangkatkan oleh Gubernur Soekarwo didampingi para forpimda dan sponsor pendukung acara. 30 bus eksekutif mengangkut ribuan pemudik itu menuju ke delapan kota tujuan di Jawa Timur dengan suara telolet yang bersahut-sahutan.

BACA JUGA: 2 Kadis Pemprov Jatim Terjaring OTT KPK, Begini Respons Pakde Karwo

========

Suasana ramai sudah mewarnai halaman frontage road Jalan Ahmad Yani depan Graha Pena sejak pagi buta setelah sahur. Puluhan pemudik di antaranya memilih berangkat lebih awal dari rumah agar tidak ketinggalan bus.

BACA JUGA: Bertemu Gus Ipul, Pakde Karwo: Daripada Ribut, Mending Satu Calon

Bahkan, ada satu keluarga pemudik yang memilih tiduran di dekat serambi DBL Arena sejak Kamis (22/6) malam demi agar tidak ketinggalan pemberangkatan Mudik Gratis Bareng Yamaha dan Radar Surabaya.

“Rumah saya kan jauh, daripada terlambat, saya lebih awal saja datangnya,” kata Agus Susanto, pemudik warga Driyorejo, Gresik.

BACA JUGA: Reformasi Birokrasi ala Pakde Karwo

Dia tampak menunggu di bus jurusan Jember bersama istri dan dua orang anaknya yang masih kecil.

Pemudik diberangkatkan ke delapan kota tujuan di antaranya Banyuwangi (4 bus), Jember (5 bus), Madiun (6 bus), Trenggalek (4 bus), Blitar (1 bus), Magetan (3 bus), Ponorogo (5 bus), dan Ngawi (2 bus).

Sebelumnya, bus yang akan diberangkatkan mengangkut para pemudik itu telah diperiksa ulang uji kelayakannya oleh empat orang petugas dari Dinas Perhubungan Jatim pada Kamis (22/6) malam.

Sebelum diberangkatkan, Gubernur Soekarwo sempat memberikan wejangan kepada para pemudik. Pakde Karwo –sapaan Gubernur Soekarwo-- mewanti-wanti agar para pemudik berhati-hati.

Ia juga meminta para pengemudi bus untuk berkendara dengan sabar dan berhati hati. Pasalnya sesuai survey dari Dishub, seringkali kecelakaan lalu lintas diakibatkan oleh emosi yang tak terkendali dari para pengemudi.

Pakde Karwo juga mengungkapkan adanya kenaikan pergerakan pemudik pada tahun ini. Yakni dari sekitar 10 juta orang menjadi 11 jutaan pemudik.

“Sedangkan peserta mudik gratis tahun ini mencapai 210.638 orang. Mereka ini memakai 73 ribu bus. Sedangkan sekitar 126 ribu melalui kereta api, sisanya lebih dari 10.000 lewat jalur laut naik kapal,” paparnya di hadapan para peserta mudik.

Pakde mengapresiasi program mudik gratis yang digelar instansi pemerintahan maupun swasta. Menurut orang nomor satu di pemprov Jatim ini, program mudik gratis bukan sekadar sebagai bantuan kepada masyarakat.

Tapi, penyelenggaraan ini sebagai satu bentuk terimakasih dari pihak pemerintah maupun swasta atas kinerja masyarakat Jatim.

“Mudik gratis ini juga sebagai bentuk manajemen keselamatan transportasi umum dan jalan atas partisipasi BUMN maupun swasta,” tegas Soekarwo.

Sebelum diberangkatkan, Pakde Karwo juga menyempatkan diri untuk meninjau salah satu bus yang digunakan peserta bersama para forpimda.

Di antaranya Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Widodo Iriansyah, Wadirlantas Polda Jatim AKBP M Aldian, serta Kadishub Jatim Wahid Wahyudi, Kadiskominfo Eddy Santoso, dan Asisten IV Ashari Abubakar.

Mudik Gratis Bareng Yamaha dan Radar Surabaya 2017 ini didominasi oleh pengguna setia motor Yamaha.

Vice President Surya Timur Sakti Yamaha Jatim, Ellen C Tansil mengatakan, program mudik gratis yang digelar bersama Radar Surabaya ini sebagai bentuk terima kasih distributor motor berlogo garpu tala itu terhadap para konsumen setia.

“Kami harapkan untuk bisa berlanjut pada tahun depan. Pada tahun kesepuluh nanti, mudah-mudahan kita bisa membuat sesuatu yang lebih spesial,” katanya.

Sedangkan Agustinus Priyo Sanyoto selaku Head Regional Sales and Promotion PT Mayora Indah mengaku senang dan mengapresiasi Radar Surabaya yang memberi kesempatan untuk ikut berpartisipasi di mudik bareng.

Direktur Radar Surabaya Lilik Widyantoro berharap kerja sama ini dapat terus berlangsung dari tahun ke tahun.

”Kami berkomitmen mengadakan program ini sampai mudik gratis tidak lagi dibutuhkan masyarakat,” ujarnya. Acara ini didukung oleh para sponsor, yakni PT. Mayora Indah (Le Minerale dan Kopiko 78), PT PGN, Bank Jatim, Ciputra World Surabaya, Harley Davidson Club Indonesia (HDCI), Warna-Warni Advertising, Cakrawala FM, Media FM. (*/jay)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ajakan Pakde Karwo Buat MUI di 2017


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler