Pamer Produk Lokal Lewat 'Flexing Local Movement'

Selasa, 12 September 2023 – 20:09 WIB
TBF Consultant terus menggerakkan kampanye bangga memakai brand lokal dengan berbagai kegiatan, salah satunya Flexing Local Movement. Foto: Dok. TBF

jpnn.com, JAKARTA - Sebuah gerakan baru muncul bersamaan dengan Hari UMKM Nasional yang diperingati akhir Agustus 2023 lalu.

Gerakan tersebut lahir seiring dengan meningkatnya produk lokal UMKM yang berdaya pakai tinggi, bersaing secara harga dan kualitas dengan label global yang masuk ke tanah air.

BACA JUGA: Ulang Tahun ke-3, TBF Consultant Hadir dengan Wajah Baru

Momen ini menjadi viral karena istilah 'flexing' yang tadinya berkonotasi negatif, diubah menjadi sesuatu yang positif bernama 'Flexing Local Movement'.

Flexing Local atau pamer produk lokal merupakan kegiatan para pencinta produk lokal mulai dari hulu ke hilir secara aktif berperan serta menunjukkan ke publik lewat media sosial atau pun platform lainnya dengan bangga lokal.

BACA JUGA: TBF Consultant Mengulik Denim Ramah Lingkungan

Mulai dari bergaya dengan total look produk lokal yang diunggah secara masif dengan tujuan untuk memberdayakan semua orang Indonesia mau pakai dan bangga dengan label lokal favorit.

Dengan begitu, gerakan tersebut makin memperkuat industri ritel serta pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia yang berkelanjutan.

BACA JUGA: Galakkan Gaya Hidup Sehat, Relawan Kowarteg Ganjar Gelar Senam Bareng Ibu-Ibu di Tangsel

The Bespoke Fashion Consultant (TBF Consultant) pun menjadi bagian dari movement ini jauh sebelum Flexing Local dicetuskan.

Bangga lokal menjadi komitmen TBF Consultant sejak awal berdiri di tahun 2020 dengan aksi nyata yaitu membangun ekosistem lokal yang berkelanjutan.

Mulai dari kegiatan 'KemBali Movement' di awal pandemi dengan membantu para artisan lokal di Bali untuk mengerjakan banyak koleksi untuk label lokal di Jakarta, TBF showroom menjadi platform ritel baru dengan berkonsep pop up store yang konsisten dilakukan untuk menjadi wadah para fashion enthusiast untuk membeli label lokal favorit.

TBF podcast hadir di 2023 sebagai ajang untuk sharing success story para label ternama Indonesia hingga para aktor di balik kesuksesan sebuah brand lokal mulai dari para founders, influencer hingga stakeholder fashion lokal.

Terbaru, TBF CollaborAction, sebuah gerakan flexing lokal yang mengajak para founders label hingga para pihak untuk saling berkolaborasi dalam memajukan industri ritel lokal.

Kegiatannya TBF CollaborAction antara lain, pada bulan Agustus 2023 lalu, TBF founder, Melinda Babyanna, menjadi bagian dari kegiatan UMKM di Jogja dalam acara Pesta Rakyat Simpedes yang diselenggarakan oleh BRI dan Kompas TV.

Melinda menjadi Fashion Expert dalam tema 'Strategi Jitu Membangun Brand Fashion Lokal' bersama dengan Linda Anggrea, Founder Buttonscarves dan Mirza Arditya, CEO Dagadu Djokdja.

Masih di bulan yang sama, TBF COllaboraction juga bekerja sama dengan Muslimah Creative Day 2023 bertempat di Jakarta.

Melinda Babyanna, TBF consultant Founder menjadi salah satu fashion expert bersama dengan Drs. Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Ria Miranda, Fashion Designer, dan moderator oleh Tiqasya.

"Komitmen TBF consultant Indonesia dalam membuat para pencinta fashion lokal tidak hanya bangga akan produk-produk yang mereka beli tetapi juga harus bisa menjadi influencer bagi komunitasnya dalam 'pamer' produk lokal," kata Melinda Babyanna dalam sesi Flexing Local di acara Muslimah Creative Day 2023.

"Jadi, tidak hanya berpenampilan ataupun bergaya dengan lokal brand favorit tetapi juga memberdayakan para komunitasnya untuk mau pamer brand lokal dan memiliki proud yang sama ketika menggunakan produk asing," sambungnya.

TBF CollaborAction ini juga tidak sebatas untuk produk fashion saja tetapi cakupannya luas hingga memberdayakan para retailer lokal di bidang kecantikan yang kini pun pertumbuhannya sangat cepat di 3 tahun belakangan ini.

Untuk itu, TBF Consultant mengundang Rachel Nathani Founder Dew It, Cathy Sharon Founder Sada Beauty, Sarah Sofyan Hijab Influencer & Entrepreneur untuk saling terkoneksi dan sharing tentang 'Flexing Local' versi mereka di acara TBF consultant & Iwan Tirta Batik Fashion Talk pada 7 September 2023. 

(ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler