Pameran Rempah PDIP Perjuangan Tidak Pernah Sepi Pengunjung

Minggu, 12 Januari 2020 – 19:17 WIB
Suasana Pameran Rempah dan Pangan Nasional yang digagas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Hall B1, JIEXpo, Jakarta Pusat, Minggu (12/1). Foto: Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ratusan pengunjung masih memadati area Pameran Rempah dan Pangan Nasional yang digagas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Hall B1, JIEXpo, Jakarta Pusat, Minggu (12/1). Masyarakat tampak antusias menengok stan-stan yang berada di lokasi pameran rempah.

Annisa, warga Jakarta Selatan, merupakan salah satu pengunjung yang hadir di Pameran Rempah dan Pangan Nasional.

BACA JUGA: Puan Maharani Tidak Ingin Indonesia Dijajah Rempah Impor

Bersama keluarga, Annisa ingin melihat ragam rempah Indonesia yang ada di Indonesia. Menurut dia, pameran ini bisa mengajarkan masyarakat terhadap kekayaan rempah.

"Saya ibu rumah tangga, mau lihat-lihat saja ke sini, kebetulan saya suka masak," kata Annisa di lokasi pameran, Minggu.

BACA JUGA: Mampir di Pameran Rempah, Risma Akan Bantu Pelaku UMKM dari Sisi Ini

Annisa mengaku awalnya hendak bepergian ke Ancol. Namun, dia tidak mau melewati pameran yang digagas PDI Perjuangan.

Selain Annisa, ada pula Alif, pemuda dari Pondok Gede Jakarta Timur yang takjub dengan kesuburan tanah Indonesia dengan hasil rempah yang melimpah ruah.

BACA JUGA: Kunjungi Pameran Rempah, Yasonna Dorong Kepala Daerah Daftar Indikasi Geografis

Dia mengaku sudah ke stan Jawa Barat, Jambi, Tapanuli Utara, hingga kementerian Pertanian. Salah satu yang membuatnya bangga adalah biji kopi yang ternyata tersebar di banyak wilayah Indonesia.

"Saya sih baru tahu, ternyata banyak jenis kopi di Indonesia," ungkap dia di lokasi, Minggu.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP bidang Koperasi dan Peningkatan Kesejahteraan Rakyat, Mindo Sianipar mengapresiasi antusiasme masyarakat yang tak menurun untuk hadir ke lokasi pameran. Tercatat, sudah tiga hari pameran tidak sepi pengunjung.

"Praktis hari ketiga ini banyak antusias. Kemudian memang yang ditampilkan ini semua banyak dibutuhkan oleh masyarakat, baik di kota maupun di desa," kata Mindo di lokasi pameran, Minggu.

Poltikus asal tanah Batak itu menjelaskan, salah satu tujuan pameran rempah yang digelar PDIP adalah agar orientasi pemerintah pusat itu bertumpu di desa. Menurutnya, perekonomian di desa harus bergerak agar masyarakat desa tak keluar alias meminimalisir urbanisasi.

Dilanjutkannya, industri 4.0 dengan skema robotisasi pasti akan mengurangi tenaga kerja. Sementara sebagian masyarakat Indonesia itu pasti sewaktu-waktu akan pulang ke kampung.

"Nah buatlah desa untuk menampung mereka. Ini kalau dikerjakan, semua ini meningkatkan dan memperkuat daya dukung desa. Jadi kalau mereka kembali ke desa, daya dukungnya sudah ada. Itulah pameran ini dirancang," tandasnya.

Rencananya, rekomendasi hasil rakernas dan HUT ke-47 PDIP akan dilaksanakan pada sore hari nanti, disusul dengan pidato Ketum Megawati Soekarno Putri dan ditutup dengan malam kebudayaan. (tan/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler