PAN Bidik Parpol Gagal Verifikasi

Kamis, 01 November 2012 – 16:40 WIB
JAKARTA - Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Amanat Nasional, Viva Yoga Mulyadi menegaskan bahwa partainya melakukan komunikasi intensif dengan beberapa partai politik yang tidak lolos verifikasi administrasi di Komisi Pemilihan Umum. Menurut Viva, sudah ada beberapa parpol yang telah berkomunikasi intensif.

"PAN berharap ada titik terang penggabungan ke PAN, sebagaimana dengan PBR yang telah menyatakan bergabung dengan PAN di tahun 2012 ini," kata Viva kepada wartawan, Kamis (1/11).

Menurutnya komunikasi itu dilakukan dengan  parpol yang tidak lolos verifikasi administrasi, masih memiliki basis konstituen yang jelas, meski jumlah anggotanya tidak menyebar ke seluruh Indonesia karena tidak sesuai persyaratan minimal KPU.

"PAN saat ini telah membuka ruang komunikasi dengan parpol yang tidak lolos. PAN akan merasa terhormat apabila mereka dapat bergabung dengan PAN karena persamaan ideologi politik dan platform perjuangan," katanya.

Saat ini, lanjut dia, masih dalam taraf komunikasi dan persamaan pemikiran secara intensif. "Untuk nama parpolnya nanti akan diumumkan secara resmi oleh DPP PAN bila sudah ada kesepakatan penggabungan," ungkapnya.

"PAN berharap jika nanti telah bergabung, dipastikan akan menambah suara PAN di luar basis konstituen tradisional PANn" tambah Viva.

Lebih jauh dia menjelaskan, untuk berapa persen besar penambahan suara akan diupayakan maksimal, dengan memanfaatkan potensi suara yang sudah ada.
 ‎​
"Karena parpol yang tidak lolos verifikasi administrasi dipastikan memiliki basis konstituen tradisional juga. Itu yang menjadi target utama dalam penambahan suara PAN di pemilu legislatif 2014," katanya.

Menurutnya, untuk parpol yang akan bergabung ke PAN, masih dalam taraf pembicaraan tingkat tinggi. "Nanti akan diumumkan secara resmi oleh Ketua Umum PAN, Bang Hatta Rajasa. Ditunggu untuk beberapa waktu," pungkasnya.

Dia menambahkan, PAN akan menyediakan tempat khusus bagi parpol yang bergabung secara proposional, baik di kepengurusan PAN maupun di pencalegan, mulai dari pusat sampai daerah. (boy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Lelang KPU Diduga Bermasalah

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler