PAN Terbanyak Artisnya di DCS

Jumat, 21 Juni 2013 – 08:52 WIB
JAKARTA – Calon legislatif dari kalangan artis masih menarik perhatian para pemerhati pemilu.  Bahkan Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (FORMAPPI) menemukan sedikitnya 79 artis dari 6.550 caleg yang masuk  daftar calon sementara (DCS) untuk bersaing merebut kursi  di Senayan.
   
Meski dipersentasekan masih sangat kecil, yakni berkisar satu persen, namun menurut Kordinator FORMAPPI Sebastian Salang,  background artis masih menjadi andalan parpol dalam menarik tambahan suara pemilih.
     
“Parpol tetap mengandalkan artis di Pemilu 2014 nanti. Itu bukti, bahwa artis masih potensial dalam mendulang suara. Sayangnya masyarakat masih mempertanyakan kualitas mereka di kancah politik,” kata Sebastian kepada INDOPOS (JPNN Group), Kamis (20/6).
   
Dari jumlah tersebut, terbagi atas  9 parpol, minus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Ke-9 parpol tersebut, Partai Amanat Nasional (PAN) penyumbang artis terbanyak, yaitu 18 orang. Kemudian Partai Gerindra 15 orang, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 14 orang, PDI Perjuangan 7 orang, Partai Demokrat 7 orang, Partai Nasionalis Demokrat (NasDem) 6 orang, Partai persatuan Pembangunan (PPP) 6 orang, Partai Golkar 4 orang dan Partai Hanura 2 orang.
   
Dari 79 artis tersebut, sebanyak 35 merupakan caleg perempuan dan 44 adalah laki-laki. Lalu, dari jumlah tersebut, 24 di antaranya berada di nomor urut puncak, san selebihnya di nomor urut sepatu. “Yakni, Gerindra mengusung 5 artis di nomor 1, menyusul PKB, NasDem dengan 4 artis di nomor 1, PAN 3 artis, dan partai lain 2 hingga 1 orang,” ungkapnya.
     
Keberadaan caleg artis ini pun dikritisi oleh pengamat politik dari Sinergi Masyarakat untuk Pemilu (Sigma) Said Salahudin. Menurutnya, wajah parlemen tidak akan berubah, mengingat artis yang ada saat ini masih sangat minim dalam percaturan politik.
     
“Jika ingin memperbaiki wajah parlemen harus diisi oleh orang-orang yang punya kualitas dan kompetensi. Dan saya melihat caleg dari artis yang ada saat ini tidak memenuhi unsur tersebut. Saya pesimis, perpolitikan di negeri ini akan lebih baik,” ucapnya.
   
Dia mencatat, yang memiliki kompetensi masih bisa dihitung jari. Khususnya artis yang saat ini sedang duduk di DPR. “Sedikit banyak yang sudah di DPR, tentunya lebih mengerti. Namun, yang sudah jadi anggota DPR pun saya nilai masih kurang potensial. Mereka lebih banyak pasif,” tegasnya.
   
Selain itu, artis yang dirangkul menjadi caleg, juga bukan kader partai. Mereka adalah caleg comotan. “Saya mencatat, yang sudah kawakan di partai itu hanya sedikit. Seperti Rieke Dyah Pitaloka di PDIP dan Nurul Arifin di Golkar,” terangnya. (ind)



Caleg Artis di Nomor Urut 1

Eko Hendro Purnomo,         PAN             Jatim VII
Anang Hermansyah             PAN             Jatim IV
Muhammad Ridho               PKB             Jabar V
Krisna Mukti                           PKB             Jabar VII
D.G. Sandy Nayoan              PKB             Jabar I
Ressa Herlambang             PKB             Jabar III
Jamal Mirdad                        Gerindra         Jateng I
Rachel Maryam Sayidina    Gerindra         Jabar II
Moreno Soeprapto               Gerindra         Jatim V
H. Biem Triani Benjamin    Gerindra         DKI II
Helmalia Jelita Putri, M.Si  Gerindra         Kepri
Gusti Randa Malik, SH         Hanura             Kalsel II
Damara Prasadhana            NasDem             Jabar IX
Mellyana Manuhutu               NasDem            Jabar III
Sarwana Thamrin                 NasDem            Sulbar
Angel Lelga Anggreyani       PPP             Jateng V
Hj. Ratieh Sanggarwaty,        PPP             Jabar IX
Dra. Hj. Okky Asokawati, M.  PPP            DKI II
Rieke Diah Pitaloka               PDIP             Jabar VII
Dede Yusuf Macan Effendi   Demokrat         Jabar II
Venna Melinda, SE.               Demokrat         Jatim VI
Tantowi Yahya                        Golkar             DKI III

BACA ARTIKEL LAINNYA... 9 Kopassus Penyerang Cebongan Terancam Mati

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler