Pancaroba, Waspada DBD dan Ispa

Senin, 29 Oktober 2012 – 08:00 WIB
BANDUNG- Memasuki musim pancaroba, Dinas Kesehatan Kota Bandung mengimbau masyarakat untuk mewaspadai menjangkitnya demam berdarah dengue(DBD). Pasalnya, setiap musim pancaroba tersebut terjadi kenaikan kasus DBD.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Achyani Reksanegara mengatakan, jika pada bulan Agustus tercatat 342 kasus DBD di Kota Bandung, kemudian pada bulan September ada 266 kasus. "Ini jumlahnya bari 70 persen, ini pun dari analisa kunjungan ke puskesmas dan rumah sakit.  Ini saja sudah banyak, kalau sudah seluruhnya masuk diperkirakan ada peningkatan. Untuk itu harus diwaspadai. Apalagi di musim pancaroba seperti saat ini,” ujarnya.

Terjadinya peningkatan kasus disebabkan pada bulan ini menjadi waktu yang tepat untuk kembangbiak nyamuk bahkan biasanya peningkatannya terjadi merata di seluruh wilayah Kota Bandung.

"Karena pada saat tersebut hujan yang turun dengan intensitas besar namun tidak teratur menciptakan genangan-genangan air. Dan dijadikan temapat berkembangbiak nyamuk. Untuk itu kami melakukan berbagai upaya salah satunya pemberantasan sarang nyamuk, baik dengan menggunakan abate atau menerapkan 3M. Namun ini tidak hanya dilakukan oleh satu rumah saja namun harus oleh seluruh lingkungan,” jelasnya.

Sementara prihal fogging, dikatakan Achyani justru tidak dianjurkan pasalanya selain efektifitasnya kurang baik karena hanya membunuh nyamuk dewasa. Justru dikatakan Achyani asap fogging apabila terkena hujan akan menghilang sehingga tidak berefek apa-apa pada pemberantasan nyamuk.

Bukan hanya itu, selain DBD, penyakit lainnya yang perlu diwaspadai yakni infeksi saluran pernafasan akut(ISPA)pasalnya ada bulan Agustus ada 1737 kasus, dan pada bulan September saja ada 1570 kasus ISPA yang tercatata di Dinkes.

“Panas ekstrim dan kering kemudian tiba-tiba terjadi hujan lebat membuat tubuh rentan terkena penyakit. Salah satunya ISPA apalagi untuk usia rawan seperti balita dan lansia. Namun mereka yang berusi produktif juga harus waspada, apalagi yang memiliki aktifitas tinggi dan di luar rumah," tuturnya.

Ia menghimbau sebagai upaya pencegahan penyakit tersebut setiap orang harus meningkatkan ketahanan tubuh agar tetap bugar. Dengan memakan makanan yang bergizi, melaksanakan pola hidup bersih dan sehat serta.(tie)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Polisi Gagalkan Penyeberangan Imigran Asal Timur Tengah

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler