Pandemi Belum Usai, Sandiaga Uno Minta Pelaku Parekraf Berinovasi

Jumat, 21 Mei 2021 – 23:23 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno saat berdialog bersama pelaku usaha ekonomi dan kreatif Malang di Museum Panji Malang, Jumat (21/5). Foto dok Kemenparekraf

jpnn.com, MALANG - Menparekraf Sandiaga Uno menjadikan tantangan tersendiri dalam menghadapi merosotnya industri pariwisata akibat pandemi virus corona.

Salah satu caranya yakni dengan cara menyesuaikan sektor pariwisata di era pandemi covid-19.

BACA JUGA: BRI Bareng Kemenparekraf Luncurkan Kartu Debit Wisata Nusantara

“Justru tantangannya bahwa covid-19 ini memaksakan kita menyesuaikan pariwisata era baru,” ujar Sandiaga Uno saat berdialog bersama pelaku usaha ekonomi dan kreatif Malang di Museum Panji Malang, Jumat (21/5).

Sandiaga mengatakan Kemenparekraf meminta sektor wisata untuk meningkatkan personalize, customize, look dan personalize, dan smalin size.

BACA JUGA: Sandiaga Dukung Konsep Rediscover Indonesia untuk Pulihkan Pariwisata Nasional

“Jadi intinya kuantitas sedikit tapi kualitas (pariwisata) meningkat,” ucap Sandiaga.

Sandi lantas mencontohkan museum Panji Malang dan sentra kreatif di sekitarnya yang terus meningkatkan pelatihan dan keterampilan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan.

BACA JUGA: BPSDMP Kemenhub Umumkan Para Pemenang ITEO 2021

Dia juga meminta para pengusaha, khususnya pelaku usaha di bidang teknologi digital untuk terus beradaptasi agar tak kalah dengan adanya pandemi covid-19.

Sandi ingin mereka mampu mengambil peluang agar menjadi pengusaha yang naik kelas di masa depan.

“Yang kedua, makin yakin kami bahwa covid-19 ini memaksa kita untuk hadir dengan kebijakan yang berkeadilan langsung menyentuh apa yang mereka perlukan. Jadi, program ini kita minta dikawal kita akan pastikan programnya tepat sasaran kepada mereka yang betul-betul membutuhkan,” imbuhnya.

Adapun program yang dicanangkan Sandiaga ialah dana hibah pariwisata.

Program bantuan ini merupakan dana hibah dari pemerintah yang akan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku UMKM.

“Kami akan meminta masyarakat dan saya akan memastikan bahwa itu akan tepat sasaran berkeadilan untuk masyarakat yang betul-betul membutuhkan sehingga mereka bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” papar Sandiaga.(chi/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dekom PT PP Kunjungi Proyek Maritime Tower dan Pelabuhan Petikemas Kalibaru


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler