Panduan Praktis Membuat Status Panggilan WhatsApp 'Sibuk'

Selasa, 04 Juli 2023 – 08:16 WIB
Terkadang, panggilan yang tidak tepat membuat kita merasa terganggu dengan panggilan WhatsApp yang masuk pada saat-saat tidak tepat. Ilustrasi. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Terkadang, panggilan yang tidak tepat membuat kita merasa terganggu dengan panggilan WhatsApp yang masuk pada saat-saat tidak tepat.

Untuk menanggapi situasi ini, WhatsApp memungkinkan untuk mengatur status panggilan menjadi 'sibuk'.

BACA JUGA: Malaysia Waspadai Penyebaran Aplikasi Jahat Pink WhatsApp

Dikutip dari maxmanroe.com berikut pembahasan bagaimana cara kerjanya:

Perlu dicatat bahwa WhatsApp tidak secara eksplisit memberikan opsi untuk mengatur status 'sibuk'.

BACA JUGA: Bantu Mengembangkan Bisnis UMKM, WhatsApp Menguji Coba 2 Fitur Baru

Namun, ada beberapa cara untuk mencapai hasil yang sama, yakni dengan memanfaatkan fitur 'mode pesawat', atau memanfaatkan pengaturan 'tidak mengganggu' di smartphone.

1. Menggunakan Mode Pesawat

Cara termudah untuk membuat status panggilan WhatsApp Anda menjadi 'Sibuk' adalah dengan mengaktifkan mode pesawat di smartphone.

Mode ini memutuskan semua koneksi jaringan, termasuk Wi-Fi dan data seluler, sehingga membuat anda tak dapat dihubungi.

Berikut adalah cara mengaktifkan mode pesawat:

- Pada Android: Geser ke bawah dari atas layar untuk membuka panel notifikasi cepat, lalu temukan dan tekan ikon mode pesawat.
- Pada iOS: Buka Control Center dengan menggeser dari atas layar ke bawah (atau dari bawah layar ke atas tergantung pada model iPhone Anda), lalu tekan ikon mode pesawat.

Perlu diingat, metode ini juga akan mencegah dari menerima pesan atau panggilan telepon biasa, jadi gunakan dengan bijak.

2. Menggunakan Pengaturan 'Tidak Mengganggu'

Metode lain adalah menggunakan fitur 'tidak mengganggu' di smartphone. Fitur ini akan memblokir notifikasi panggilan dan pesan sementara.

• pada Android: Buka Pengaturan > Suara dan getaran > Jangan ganggu. Anda dapat mengatur jadwal atau mengaktifkannya secara manual.

• pada iOS: Buka Pengaturan > Jangan Ganggu. Anda dapat mengaktifkannya sekarang, mengatur jadwal, atau memilih opsi 'Saat di-Lock' untuk memblokir panggilan ketika perangkat terkunci.

Ingat, ketika fitur 'tidak mengganggu' diaktifkan, notifikasi masih akan diterima, tetapi tidak akan mendapatkan suara atau getaran.

Dengan metode-metode di atas, anda dapat mengatur status panggilan WhatsApp Anda menjadi 'Sibuk' dan mendapatkan sedikit ketenangan atau fokus tanpa gangguan. (jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Elvi Robiatul, Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler