Bahan pangan dari tanaman asli di berbagai negara termasuk Australia, mungkin bisa menjadi alternatif sumber makanan dunia. Tema itu mengemuka saat Hari Pangan Sedunia diperingati pada 16 Oktober tahun ini.

Dari sekitar 6 ribu tanaman asli Australia yang diidentifikasi bisa dimakan, sejumlah di antaranya telah diolah menjadi bahan selai atau bahan minuman.

BACA JUGA: Pola Tidur Manusia Modern Mungkin Masih Sama Dengan Manusia Purbakala

Pangan dari tanaman asli ini memang belum banyak dilirik saat ini di Australia, namun produksinya terus mengalami peningkatan. Baik yang memang secara sengaja dibudidayakan maupun yang langsung dipetik dari tanaman liar.

Menurut Direktur Australian Native Food Industry Limited, Rus Glover, tanaman asli bisa dipergunakan untuk menambah aroma dan citarasa pangan, dan ada yang memang memiliki nilai gizi.

BACA JUGA: Taruna Militer Australia Gelar Lomba Pidato Bahasa Indonesia, Salah Satunya Tentang Jokowi

Untuk menjadikan tanaman asli ini sebagai sumber bahan pangan yang sama dengan bahan makanan lainnya diperjualbelikan di pasaran, memang masih memerlukan upaya lebih lanjut.

"Sejumlah orang mulai memasarkan hasil tanaman asli yang mereka tanam sendiri. Namun saat ini kita belum memiliki produk pangan dari tanaman asli yang dipasarkan sehar-hari di supermaket," jelasnya.

BACA JUGA: Pesawat ‘Thor’ Australia Mulai Atasi Kabut Asap di Sumatera Selatan

Peneliti pada Queensland Centre for Nutrition and Food Sciences, Dr Yasmina Sultanbawa, mengatakan, pangan dari tanaman asli nantinya akan berperan penting dalam ketersediaan nutrisi di dunia.

Menurut dia, pertambahan penduduk yang terus meningkat membuat kita tidak bisa tergantung semata-mata pada pangan yang selama ini kita konsumsi.

"Meningkatkan produksi pangan dari bahan spesies utama seperti jagung, padi dan gandum, yang mencakup 50 persen bahan makanan yang kita konsumsi saat ini, membuat kita terjebak pada apa yang dikenal sebagai mikro nutrisi," jelasnya.

Istilah itu, kata Dr Sultanbawa, merujuk pada kelaparan tersembunyi yang berdampak pada menurunnya produktivitas. "Makanya kita perlu mendiversifikasi sumber pangan kita," katanya.

Minat orang untuk mencari bahan pangan dari berbagai tanaman asli merupakan salah satu wujud dari upaya diversifikasi tersebut.


Kakadu Plums adalah salah satu bahan pangan dari tanaman asli di Australia Utara. (ABC/Lauren Waldhuter)

 

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Umbar Penyakit Anaknya di Internet, Ibu di Sydney Dituduh Suntikkan Urine

Berita Terkait