Panggil Taufiq dan Bachdim

Timnas TC di Lapangan Halim

Selasa, 07 Agustus 2012 – 04:21 WIB
Pelatih timnas Nil Maizar. Foto: Hendra Eka/Jawa Pos
JAKARTA - Rencana PSSI Nyalla Mattalitti untuk membentuk tim Piala AFF tidak menggoyahkan PSSI Djohar Arifin. Mereka juga tetap melanjutkan program persiapan yang sudah berjalan. Mulai kemarin (6/8), mereka memulai pemusatan latihan (TC) di Lapangan Halim, Jakarta. Program TC tim Merah Putih itu difokuskan untuk mempertahankan kondisi fisik.

Pelatih timnas Nil Maizar mengungkapkan bahwa kondisi pemain yang mayoritas berpuasa membuat dirinya tak bisa melakukan program terlalu bervariasi. "Sementara fokus menjaga kondisi dahulu selama sepekan. Yang penting kondisi pemain tidak menurun,' katanya kemarin.

Dari pertandingan melawan Valencia, dia melihat kondisi fisik pemainnya memang belum maksimal. Dua faktor yang menurutnya sangat berpengaruh adalah pertandingan yang digelar saat bulan puasa dan pemain sudah lama tidak melakoni latihan.

"Mereka kan juga sedang libur kompetisi. Jadinya kondisi menurun, ini yang harus kami tingkatkan dahulu, jangan sampai terus menurun," terangnya.

Sampai saat ini, Nil mengaku timnya masih belum lengkap. Sebab, dari 23 pemain yang harusnya mengikuti TC, baru ada 21 yang kumpul. Itu sebagai imbas mundurnya Bima Sakti dan tak bergabungnya Ricardo Salampessy dengan tim.

Sebagai gantinya, Nil sudah meminta manajemen timnas untuk memanggil Gelandang Persebaya Surabaya, Taufiq, dan Srriker Persema Malang, Irfan Bachdim. Namun, mereka belum terlihat bergabung dalam sesi latihan pertama, kemarin.

"Karena pemanggilannya mendadak, mereka dijadwalkan datang besok (hari ini, Red)," tutur pelatih berkumis tersebut.

Dengan bergabungnya dua pemain ini, komposisi pemain pelapis Indonesia masih belum sepenuhnya cukup. Bahkan, komposisi pemain yang telah bergabung bisa dikatakan belum siap untuk menghadapi Piala AFF.

Karena itu, Nil menyebut masih belum mematenkan nama-nama yang saat ini bergabung. Kemungkinan, lanjut dia, masih akan ada bongkar pasang pemain lagi, terkait kebutuhan tim.

Hanya, melihat makin peliknya konflik yang terjadi antara PSSI Djohar Arifin dan La Nyalla Mattalitti, pembentukan timnas susah untuk maksimal. Pasalnya, pemain-pemain terbaik Indonesia masih belum bisa disatukan dalam satu timnas yang kuat. (aam/ko)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Ngobrol Bahasa Jawa dengan Ayah Ranomi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler