Pangkoarmada: Unsur Kapal Perang di Laut Natuna Harus Benar-Benar Siap Siaga

Sabtu, 16 Juli 2022 – 15:05 WIB
Panglima Komando Armada RI, Laksamana Madya TNI A Rasyid, memeriksa secara langsung kesiapan kapal-kapal perang TNI AL yang tengah beroperasi di Laut Natuna Utara, Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (15/7) 2022. ANTARA/HO-Dinas Penerangan Komando Armada RI TNI AL/Cherman

jpnn.com, NATUNA - Panglima Komando Armada Republik Indonesia Laksamana Madya TNI A Rasyid menyatakan unsur kapal perang yang beroperasi di perairan Laut Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), harus benar-benar siap siaga. 

“Kesiapan unsur kapal perang yang tengah beroperasi di perairan Laut Natuna harus benar-benar keadaan siap siaga dalam semua aspek," kata Pangkoarmada RI melalui keterangan pers yang diterima di Ranai, Kepulauan Natuna, Provinsi Kepri, Sabtu (16/7).

BACA JUGA: China Kirim Pasukan Laut dan Udara ke LCS, Kapal Perang AS Langsung Kabur

Laksamana Madya TNI A Rasyid menyampaikan itu saat memeriksa secara langsung kesiapan kapal-kapal perang TNI AL yang tengah beroperasi di Laut Natuna Utara, Provinsi Kepri, sejak Jumat (15/7).

Selama dua hari di Kepulauan Natuna, Laksamana Madya TNI A Rasyid melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pangkalan TNI AL (Lanal) Ranai. 

BACA JUGA: Kesan Para Peraih Adhi Makayasa 2022, Ada yang Gemetar Bertemu Jokowi, Orang Tua Menangis Terharu

Dia juga sekaligus meninjau secara langsung perkembangan pembangunan Markas Komando Gugus Tempur Laut I Komando Armada I di Selat Lampa, Kepulauan Natuna, Kepri. 

Ini adalah salah satu titik paling luar Indonesia yang bernilai sangat strategis dari segala aspek, terutama pertahanan. 

BACA JUGA: Pimpin Sertijab 4 Pati TNI AD, Jenderal Dudung: Pemimpin Harus Punya Rasa Memiliki

Selama di Kepulauan Natuna, dia memeriksa langsung kesiapan KRI Bontang-907 dan KRI Cut Nyak Dien-250, yang tengah berpatroli rutin di Laut Natuna Utara. 

"Pemeriksaan itu untuk memastikan bahwa unsur kapal perang yang tengah bertugas di perairan Laut Natuna Utara tetap selalu dalam keadaan siap siaga," ujarnya. 

Menurut Laksamana Madya TNI A Rasyid, Laut Natuna Utara yang terhubung langsung dengan Laut China Selatan, sering menjadi topik perdebatan dunia internasional.

"Menjaga keamanan laut di wilayah perairan Indonesia, maka kekuatan TNI AL harus selalu siap dioperasionalkan, sehingga mampu menjaga stabilitas keamanan laut nasional khususnya di Laut Natuna Utara," katanya.

Selanjutnya, dia menyatakan Lanal Ranai yang merupakan pangkalan terdekat turut bertanggung jawab secara maksimal dalam mendukung tugas yang diemban, baik Gugus Tempur Laut I Komando Armada I ataupun unsur-unsur lain yang mendapatkan tugas pengamanan di Laut Natuna.

Selama melaksanakan kunjungan kerja di Pangkalan TNI AL Ranai, dia didampingi Asisten Perencanaan dan Anggaran Panglima Komando Armada RI, Laksamana Pertama TNI Teguh Prasetya, Komandan Gugus Tempur Laut I Komando Armada I, Laksamana Pertama TNI H Krisno Utomo, Komandan Pangkalan TNI AL IV/Tanjung Pinang, Laksamana Pertama TNI Kemas M Madani, dan Komandan Pangkalan TNI AL Ranai, Kolonel Laut (P) Arief Prasetyo.

Sebelumnya, Rasyid juga melakukan inspeksi mendadak di perairan Aceh dan Pulau Sabang, sekaligus meninjau secara langsung kesiapan pemindahan Gugus Keamanan Laut I Komando Armada I dari Pulau Batam ke Pulau Sabang. (antara/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler