Panglima TNI Lebaran Bareng Prajurit

Kamis, 08 Agustus 2013 – 12:27 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar Salat Idul Fitri 1434 H di Lapangan GOR A. Yani Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Jumat (8/8/2013).

Bertindak selaku Imam Ustad Ahmad Zaini Hasibuan dan Khatib DR KH Anwar Sanusi. Solat Idul Fitri ini diantaranya diikuti oleh Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., para Kepala Staf Angkatan, para pejabat teras TNI, prajurit TNI dan PNS serta masyarakat sekitar Mabes TNI.

BACA JUGA: Marzuki: Peledakan Vihara Merupakan Persoalan Pemahaman

Dalam khotbahnya, DR KH Anwar Sanusi, mengatakan Idul Fitri telah beberapa kali hadir dalam pentas kehidupan. Idul Fitri tahun ini hadir dalam keadaan yang diliputi oleh kecemasan dan keprihatinan serta mendung kelabu mengiringi kehidupan masyarakat dimana banyak masyarakat yang meninggal dunia sia-sia, karena pertengkaran antarsuku dan kelompok.

"Dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar dan Pancasila sebagai payung-payung yang meneduhkan kehidupan, rupanya belum sungguh-sungguh di amalkan. Padahal sebagai bangsa Indonesia, mukadimah UUD dan Pancasila adalah pengejawantahan dari ajaran agama Islam yang agung dan suci," kata KH Anwar Sanusi.

BACA JUGA: Lebaran, Sefti Bawa Ketupat Untuk Fathanah ke Tahanan KPK

Lebih lanjut khatib mengajak kepada para jamaah salat Idul Fitri, mari kita arahkan kehidupan kepada Allah SWT dengan cara mengamalkan segala perintah-Nya sambil terus menebarkan cinta kasih terhadap sesama, memperbaiki dengan amal soleh sosial individual yang dapat dirasakan oleh orang lain.

“Betapa banyak manusia yang celaka hidupnya bukan karena kekurangan harta, bahkan berada pada posisi serba berkecukupan, tapi yang membuat gagal menemukan dirinya sendiri karena gagal mengendalikan hawa nafsunya”, ujarnya.

BACA JUGA: Bendum Demokrat Mendadak Mundur

Sebagai penutup, KH Anwar Sanusi menghimbau untuk mengenang orang-orang yang pernah disakiti dengan lidah dan tangan.

"Kenanglah saudara, tetangga dan siapa saja hamba Allah di bumi ini. Mungkin kita pernah kasar, pernah menyebarkan fitnah yang menjatuhkan kehormatannya, mungkin juga pernah membuat dusta untuk menimbulkan kebencian orang kepadanya. Semoga Allah tidak melaknat kita di dunia dan akhirat akibat dosa-dosa yang kita lakukan. Mudah-mudahan Idul Fitri kali ini dapat mengembalikan kita semua kepada kesucian," harapnya.

Usai sholat Idul Fitri, Panglima TNI Laksaman Agus Suhartono beserta Ibu Tetty Agus Suhartono melaksanakan halalbihalal dengan prajurit dan PNS TNI, bertempat di kediaman Panglima TNI, Jl. Diponegoro Jakarta. (fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sebelum Salat Id, SBY Sempatkan Waktu Berkicau di Twitter


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler