Panitia Rakernas V PDIP Bertanggung Jawab soal Ponsel Wartawan Lenyap

Sabtu, 25 Mei 2024 – 23:09 WIB
Ketua Organizing Committee (OC) Rakernas V PDI Perjuangan Masinton Pasaribu (kanan) menyerahkan pergantian ponsel wartawan yang hilang di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, Jumat (24/5). Dokumentasi DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Organizing Committee (OC) Rakernas V PDI Perjuangan Masinton Pasaribu menyesalkan insiden hilangnya ponsel rekan-rekan wartawan saat kegiatan partainya di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, Jumat (24/5).

Diketahui, PDI Perjuangan dari Jumat kemarin sampai Minggu (26/5) besok melaksanakan Rakernas V yang dihadiri ribuan peserta.

BACA JUGA: Ganjar Ungkap Arahan Tertutup Megawati di Hari Kedua Rakernas V PDIP, Ada Soal Pilkada

Masinton menyebutkan peristiwa hilangnya ponsel para wartawan di luar pemantauan panitia.

Sebab, kata dia, insiden hilangnya ponsel wartawan terjadi di lantai satu Gedung Beach City International Stadium Ancol.

BACA JUGA: PDIP Maluku Harap Pilkada 2024 Bersih dari Intervensi Kekuasaan 

Masinton mengatakan lantai satu menjadi area publik dan tempat umum bagi wisatawan, sedangkan lokasi Rakernas V berada di lantai dua dan tiga.

"Itu juga sebagian besar tentu karena ini lingkup area umum, di bawah itu dan tempat wisata juga, sebagian besar kami cover, sebagiannya lagi liput dari pantauan kami,” kata Masinton ditemui di lokasi Media Center Rakernas V PDI Perjuangan, Sabtu (25/6).

BACA JUGA: PDIP Sulsel Harap Pilkada 2024 Tidak Diwarnai Intervensi Kekuasaan

Pendiri Relawan Perjuangan Demokrasi (REPDEM)  mengajak para wartawan bersama petugas keamanan Rakernas V, Satgas Cakra Buana bisa bekerja sama menjaga keamanan lokasi kegiatan.

“Tentu kami ingin kerja samannya untuk satgas dan rekan-rekan media, di mana di tempat keramaian, pasti ada saja yang aneh di sana. Menyusup-menyusup di situ," kata Masinton.

Utamanya, kata dia, demi mencegah aksi para penyusup yang mencari kesempatan mengambil barang-barang wartawan yang bertugas di lokasi Rakernas V.

"Apalagi alat komunikasinya temen-teman media pasti diisi banyak informasi, data, dan lainnya. Jadi, yang mengambil punya motif politik atau motif ekonomi,” ungkap Masinton.

Sementara itu, Sekretaris OC Rakernas V PDIP Hendra Gunawan turut menyesalkan peristiwa hilangnya ponsel para wartawan.

Dia menyebut panitia punya pertimbangan tersendiri ketika tak mensterilkan area lantai satu Gedung Beach City International Stadium Ancol., yakni tak ingin membatasi penugasan para wartawan.

Panitia juga ingin memperbolehkan pihak lain membuat konten media sosial suasana Rakernas V PDI Perjuangan.

“Kalau lantai satu dan dua, kami sudah berusaha membuat seketat mungkin dan senyaman mungkin, peserta, media untuk bisa mendapat akses perhelatan yang buat kami ini sangat penting,” katanya.

Hendra mengatakan panitia telah bekerja maksimal dalam menjaga keamanan area Rakernas V, termasuk mencegah kejadian tak diinginkan.

Namun, dia menyebut kerumunan banyak terjadi saat Rakarnas V dan jumlah satgas terbatas menyesuaikan prioritas.

“Kerumunan juga sangat banyak, tidak mungkin kami tugaskan satu Satgas untuk satu teman wartawan,” jelasnya.

Koordinator Kemanan Rakernas V Ronny Talapessy menegaskan pihaknya langsung merespons dan bergerak cepat setelah ada kabar ponsel wartawan peliput yang hilang.

Ronny bahkan segera menginstruksikan petugas keamanan melakukan penyisiran terhadap pihak-pihak yang mencurigakan di Gedung Beach City International Stadium Ancol.

“Sebenarnya dari tim satgas sudah sigap waktu itu berkomunikasi, dan bentuk tanggung jawab kami sebagai keamanan dan memang dari kami, kemarin situasinya ramai, ya,” kata pengacara Bharada Richard Eliezer itu.

Ronny menyebut panitia sudah melakukan langkah antisipasi mencegah hilangnya ponsel para wartawan.

Misalnya, panitia menerjukan petugas keamanan untuk menjaga area Media Center dan lokasi konferensi pers.

“Prinsipnya, kami menghargai kerja-kerja teman-teman dalam peliputan. Kami akan lebih memperketat lagi. Saya sudah bertugaskan satgas disini,” ucap Ronny.

Dia mengatakan panitia Rakernas V tidak bakal membatasi gerak wartawan setelah peristiwa hilangnya ponsel, sekaligus menjaga keamanan acara.

"Kalau ada apa-apa segera kontak saya dan saya bersama satgas akan menjaga area sini untuk membantu teman-teman,” sambung dia.

Panitia Rakernas V PDI Perjuangan setelah itu menyerahkan pengganti ponsel para wartawan yang hilang saat meliput.

Sebelumnya, beberapa wartawan dari media nasional memberitakan soal hilangnya ponsel milik wartawan saat bertugas di pembukaan Rakenas V PDIP pada Jumat kemarin. (ast/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Incar Kursi Cawagub Jabar 2024, PDIP Bakal Usung Kader Internal


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler