Pantang Remehkan Barito

Jumat, 18 Januari 2013 – 10:28 WIB
Pelatih Arema Rahmad Darmawan. Foto: Hendra Eka/Jawa Pos
MALANG -Di atas kertas, kualitas Barito Putra masih jauh di bawah Arema Cronous. Ini bisa dilihat dari segi materi pemain kedua tim yang cukup jomplang.

Arema Cronous dihuni pemain top negeri ini seperti Cristian Gonzales, Keith Kayamba, dan Alberto BetoGonzalves. Sebaliknya, nyaris tidak ada nama tenar di kubu tim berjuluk Laskar Antasari yang akan dihadapi Minggu (20/1).

Kecuali hanya striker Yongki Aribowo dan kiper Dian Agus yang pernah merasakan kostum timnas PSSI.Selebihnya hanya pemain minim pengalaman.

Pelatih Arema Rahmad Darmawan menegaskan, sepak bola bukan hanya di atas kertas.Sepak bola adalah laga di atas lapangan. Sejauh mana motivasi dan kekompakan tim di atas lapangan yang lebih menentukan tim bisa menang atau tidak.

Karena itu, kendati anak asuhnya berlabel bintang, ia meminta tidak sampai menganggap remeh Barito Putra. Bisa jadi, dengan diremehkan, justru menjadi kekuatan bagi Laskar Antasari tersebut.Sehingga justru menjadi bumerang bagi Arema sendiri.

"Mereka mempunyai pemain yang cepat dan berbahaya seperti Amirul Mukminin.Pemain asing mereka bagus," tegas Rahmad usai memimpin latihan di Stadion Gajayanapagi kemarin (17/1).

Karena tak mau meremehkan tim lawan, Rahmad Darmawan memboyong sejumlah pemain terbaiknya ke Banjarmasin pagi ini. 20 pemain telah dipilih Rahmad untuk meladeni Barito Putra di Stadion Indrasari Martapura BanjarmasinMinggu (20/1).

Banyak stok pemain yang dibawa ini (biasanya 18 pemain) menunjukkan jika Arema tak mau gagal di laga away perdana ini. Target sapu tiga poin dari markas tim juara divisi utama musim lalu itu ingin diwujudkan Rahmad.

Rahmad menambahkan, awalnya ia berencana membawa 18 pemain saja. Namun, setelah tahu kondisi fisik pemainnya ada yang tidak seratus persen fit,sehingga membutuhkan pemain cadangan jika ada yang cedera sebelum pertandingan tersebut.

"Oleh karena itulah kita membawa 20 pemain, karena kita tidak mau berspekulasi meskipun away kali ini hanya ada satu pertandingan," kata mantan pelatih Sriwijaya FC itu.

Sebagaimana diperkirakan sebelumnya, sejumlah pemain yang masih dalam pemulihan cedera seperti Greg Nwokolo, M.Ridhuan, Purwaka Yudi tidak masuk dalam rombongan tersebut."Kita pilih yang paling siap," jelasnya.

Nah, untuk mempersiapkan laga tersebut, Rahmad menjelaskan ada sejumlah persiapan khusus menghadapi tim berjuluk Laskar Antasari itu. Salah satunya adalah membenahi passing dan penyelesaian akhir para pemain Arema Cronous."Kita juga sudah plot para pemain diposisinya masing-masing," imbuh mantan pelatih Persipura Jayapura itu.

Dalam latihan kemarin RD lebih banya memberi menu game kepada 20 pemain yang dipersiapkan dalam laga tersebut. Karena fokus kepada passing dan penyelesaian akhir, RD memberi menu game setengah lapangan yang mengandalkan umpan satu dua sentuhan.

"Kalau formasi masih tetap sama tapi kita modifikasi cara bermain saja," jelasnya. (riq/abm)



BACA ARTIKEL LAINNYA... Tomic Tak Terkalahkan di 2013

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler