Pantau Arus Balik Libur Panjang, Menhub: Baru Sepertiga Balik ke Jakarta

Minggu, 23 Agustus 2020 – 13:21 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi bersama Kakorlantas Irjen Istiono meninjau arus balik libur panjang, Minggu (23/8). Foto: Humas Polri

jpnn.com, CIKAMPEK - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Kepala Koprs Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono memantau langsung arus balik pada libur panjang pekan ini.

Menteri yang kondang dengan inisial BKS itu bersama Istiono menggunakan helikopter untuk memantau arus balik pada  Minggu (23/8) pagi.

BACA JUGA: Ada Peningkatan Volume Kendaraan Libur Panjang, Korlantas Menyiapkan Contraflow

Pemantauan dimulai dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur dan berakhir di Pos Cikopo, Jawa Barat. Rombongan BKS kemudian memantau jalur darat dari Pos Cikopo menuju Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat.

Usai melakukan pemantauan, Menteri BKS mengatakan bahwa arus balik sejauh ini terpantau lancar. Kendaraan dari Jawa Barat dan Jawa Tengah yang menuju wilayah DKI Jakarta terpantau belum mengalami lonjakan.

BACA JUGA: Program Keselamatan 2020, Korlantas Bantu 197.256 Sopir Angkutan Terdampak COVID-19

“Alhamdulillah, saat dari Jakarta, dari Bandung menuju ke timur itu berjalan dengan baik. Tadi dari udara kami melihat  lalu lintas timur ke barat (arah Jakarta, red) masih relatif landai,” kata Budi.

Menurut BKS, kendaraan yang kembali ke arah Jakarta baru sepertiga dari total keseluruhan yang meninggalkan ibu kota jelang libur panjang lalu.

BACA JUGA: Bima Arya: Pak Menhub dan Gubernur DKI, Kami Sudah Kewalahan

“Memang kalkulasi masih sepertiga dari jumlah mereka yang mudik akan balik ke Jakarta, oleh karena itu kami mengamati dan kami pastikan bahwa nanti malam, sore atau pagi besok bisa berjalan dengan baik,” ucapnya. 

Menteri BKS juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Korlantas Polri yang tekah berkoordinasi dengan Ditjen Perhubungan Darat dan Jasa Marga untuk mengamankan libur panjang ini.

“Kami mengatur kendaraan sumbu tiga ke atas saat di pintu Palimanan harus keluar, lalu lintas Cisumdawu juga diatur dengan baik,” kata Budi.

Budi pun meminta petugas  tidak lengah karena kemungkinan sore atau malam nanti masih ada kendaraan yang akan menuju ke Jakarta dari arah Jawa Barat atau Jawa Tengah, bahkan Jawa Timur.

“Kami mempunyai suatu model (penanganan) bahwa pada long weekend ini berjalan dengan baik, nanti tiap weekend masyarakat bisa pulang ke Jawa Tengah atau Timur dengan baik,” pungkas Budi.(cuy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler