Para Desainer Binaan AMANAH Bangga Harumkan Aceh Lewat Karya Fashion di Muffest

Senin, 12 Agustus 2024 – 18:11 WIB
Para desainer AMANAH yang tampil di Muffest 2024. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, JAKARTA - Para desainer asal Aceh merasa bangga memamerkan karya mereka di Muslim Fashion Fest (Muffest) 2024. Pencapaian mereka itu berkat bantuan Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) yang telah memfasilitasi seluruh kebutuhannya.

“Alhamdulillah kesan selama dapat memamerkan desain saya di Muffest itu perasaannya luar biasa. Saya merasa sangat senang dan diberi kesempatan oleh AMANAH dapat menampilkan desain-desain saya,” kata salah seorang desainer Aceh, Cut Junischa, Minggu (11/8).

BACA JUGA: Sandiaga Kagum dengan Karya Anak Muda Aceh saat Kunjung Both AMANAH di Muffest

Dia merupakan satu dari 12 desainer yang dibawa oleh AMANAH khusus untuk mengikuti peragaan busana di Muffest 2024. Acara tersebut digelar di Istora Senayan Jakarta pada 8-11 Agustus 2024.

Cut menjelaskan karyanya kali ini berjudul Kemala Cahaya yang terinspirasi seorang prajurit perempuan pada masa Kesultanan Aceh pimpinan Sultan Iskandar Muda. Hal itu dinilai sebagai bentuk emansipasi di Aceh yang sudah terjadi sejak masa lalu.

BACA JUGA: Pelajar Aceh Bermain Total Agar Masuk Final Turnamen Futsal & Basket AMANAH Cup

“Kemala Cahaya itu tersebut adalah nama dari prajurit wanita yang mengawal pada masa Sultan Iskandar Muda. Hal ini menginspirasi saya bahwa pada masa Aceh sejak dahulu tidak membeda-bedakan gender,” ujarnya.

Selain Cut, ada pula desainer asal Aceh lainnya. Yakni, Amira Vanisa, Muchlisin, Nabila Fatin Jannata, Najwa Anjani, Tasya Aureliya, Asmayanti, Azzahra Fadhilah, Khairatul Masyhurah, Yayang Revia, Zikra Ulfa dan Khairul Fajri Yahya.

BACA JUGA: Hasil Karya Desainer Muda AMANAH Hadir di Muffest 2024

Koleksi busana mereka diberi tema “The Reign of Sultan: The Great Story of Aceh”. Tema tersebut terinspirasi dari masa kejayaan Kesultanan Aceh pimpinan Sultan Iskandar Muda yang menjadi era paling berpengaruh dan dihormati dalam sejarah.

Kekayaan budaya Aceh yang memikat dan anggun terlihat dari koleksi busana mereka. Perjalanan waktu ditunjukkan melalui karya-karyanya yang dijelaskan melalui tiga kata: Militer, Trade, Islamic Revolution.

Karya para desainer binaan AMANAH mendapatkan apresiasi yang tinggi dari berbagai pihak di festival tersebut. Cut berharap pencapaian itu bisa diikuti oleh generasi muda di Aceh melalui program di AMANAH.

“Terima kasih telah memberi kesempatan dan wadah yang besar untuk anak muda seperti Muffest ini bisa menampilkan karya saya dan terima kasih yang besar kepada AMANAH untuk memberi kesempatan anak muda dan desainer Aceh untuk bisa eksplorasi lagi dan mengenal fashion desain di kancah nasional,” tuturnya.

Mengikuti ajang tersebut jadi pengalaman berharga bagi seorang desainer asal Aceh lainnya yang bernama Muchlisin. Menurutnya, masih banyak potensi yang bisa digali dan dikembangkan dari para pemuda di Aceh.

“Harapannya untuk AMANAH, semoga nantinya bisa lebih banyak lagi (menjaring) potensi-potensi anak muda Aceh. Dikembangkan baik itu dari fashion maupun bidang lainnya,” tuturnya. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ludesc Dapat Dukungan AMANAH Kembangkan Teknologi AI untuk Deteksi Penyakit Paru-Paru


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler