Para Dokter Diminta Cegah Warga Berobat ke Malaysia

Minggu, 11 Desember 2022 – 18:19 WIB
Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Adib Khumaidi, SpOT saat melantik pengurus IDI Kalbar di Pontianak, Ahad (11/12/2022). (FOTO ANTARA/Sucia Lucinda)

jpnn.com - PONTIANAK - Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi menaruh perhatian serius terhadap kenyataan sebagian warga di Kalimantan Barat memilih berobat ke Malaysia.

Dia lantas meminta seluruh anggota IDI Kalbar meningkatkan kualitas pelayanan dokter umum maupun spesialis.

BACA JUGA: IDI Manokwari Bersama Puluhan Dokter Spesialis Menggelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

"Kalbar sebagai negara yang berdampingan dengan negara tetangga, harus bisa mencegah agar masyarakat tidak lagi berobat ke luar negeri."

"Maka dari itu, pentingnya bersama meningkatkan kualitas pelayanan dokter di Kalbar," ujar Adib saat berkunjung di Pontianak, Minggu (11/12).

BACA JUGA: Dokter: Air Mineral Berkualitas Bisa Bikin Tubuh Selalu Bugar

Adib menyatakan pandangannya saat melantik pengurus IDI Kalbar dan pengurus IDI di tujuh kabupaten di wilayah Kalbar.

Dalam pemaparannya dia berharap para dokter di Kalbar bersatu meningkatkan potensi pelayanan, fasilitas dan akses pelayanan.

BACA JUGA: Respons Bang Saleh soal Kontroversi RUU Omnibus Law Kesehatan

"Saya berharap, ke depannya, IDI Kalbar dapat bersinergi dengan Pemprov Kalbar dalam menyejahterakan pelayanan, fasilitas atau infrastruktur maupun akses kesehatan untuk masyarakat di Kalbar," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan juga berharap IDI dan pemprov dapat selalu bersinergi dalam mengatasi dan meningkatkan pelayanan kesehatan yang ada di Kalbar.

"Kami tentu berharap IDI dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," kata Ria Norsan.

Ketua IDI Kalbar dr Rifka juga menanggapi hal tersebut secara positif.

Dia mengatakan pihaknya siap bersinergi bersama Pemprov Kalbar.

"Organisasi IDI merupakan profesi yang ikut berperan dalam peningkatan untuk program-program dari Pemprov Kalbar terkait program kerja apa saja yang ada."

"Misalnya, menurunkan angka kematian ibu atau kematian bayi, stunting, TBC dan lain sebagainya," kata Rifka. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Omnibus Lagi


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler