Para Sesepuh Ikut Tax Amnesty, Uang Tebusan Tembus Rp 69,8 T

Rabu, 28 September 2016 – 07:47 WIB
Sri Mulyani. Foto: Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Para pengusaha nasional menunaikan janjinya mengikuti amnesti pajak.

Jumlah uang tebusan dan tunggakan yang terkait dengan amnesti pajak pun melesat menjadi Rp 73,2 triliun.

BACA JUGA: Ibu-Ibu Paling Antusias Ikut Sosialisasi Tax Amnesty, Ternyata karena Ini, Ha ha

Perinciannya, uang tebusan Rp 69,8 triliun, pembayaran tunggakan dalam rangka amnesti pajak (Rp 3,06 triliun) dan pembayaran setoran penghentian pemeriksaan bukti permulaan (Rp 322 miliar).

Pada Senin (26/9) lalu, uang tebusan dan tunggakan baru mencapai Rp 56,1 triliun. Artinya, dalam sehari telah terjadi pertambahan Rp 17,1 triliun.

BACA JUGA: Akhir Tahun, Rupiah Betah di Bawah Rp 13 Ribu per USD

Jumlah uang tebusan itu memang masih jauh dari target Rp 165 triliun.

Namun, jika dibandingkan dengan konsensus para ekonom tentang target realistis amnesti pajak sekitar Rp 65 triliun, jumlah tebusan saat ini sudah cukup besar. Program amnesti pajak masih berlangsung hingga pengujung Maret tahun depan.

BACA JUGA: Revitalisasi Pasar Ikan Muara Baru, KKP Gelontorkan Dana Rp 200 miliar

Kemarin (27/9) para pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) beramai-ramai mengikuti amnesti pajak di kantor Ditjen Pajak, Kemenkeu, Jakarta.

Kedatangan puluhan pengurus tersebut disambut langsung oleh Menkeu Sri Mulyani Indrawati dan Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi.

Para pengusaha yang hadir kemarin, antara lain, Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani, Abdul Latif, M.S. Hidayat, Bambang Soesatyo, Anindya Bakrie, Putri K. Wardani, Wisnu Wardana, Sandiaga Uno, Shinta Kamdani, dan Sigit Pramono.

Sri Mulyani pun menyatakan apresiasinya terhadap para pengusaha muda dan pebisnis senior yang memutuskan berpartisipasi dalam program tersebut.

’’Tampaknya, hari ini (kemarin, Red) Pak Rosan membawa banyak sesepuh. Saya sangat menghargai niat Kadin untuk melaksanakan haknya mengikuti pengampunan pajak,’’ kata Sri Mulyani.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu mengungkapkan, kedatangan puluhan pengusaha tersebut memberikan pengaruh besar bagi perolehan amnesti pajak. Terbukti, jumlah uang tebusan langsung melesat.

’’Dari jajaran Kadin yang bersedia hadir untuk menyampaikan SPH (surat pernyataan harta, Red) dan tentu sudah membayar tebusan. Makanya, hari ini (kemarin) uang (tebusan) yang masuk di kas negara melonjak,’’ ungkapnya. (ken/c14/sof)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gandeng Perindo, KKP Percantik Pasar Ikan Modern Muara Baru


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler