Para Undangan Upacara HUT Ke-77 RI Pakai Baju Adat, Ada Arahan dari Jokowi

Rabu, 17 Agustus 2022 – 08:53 WIB
Suasana sebelum Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dimulai di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (17/8) Foto: Fathan

jpnn.com, JAKARTA - Para undangan yang mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (17/8), memakai baju adat

Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar mengatakan pengenaan baju adat bagi undangan memang arahan dari Joko Widodo (Jokowi).

BACA JUGA: Jokowi Usulkan Kenaikan Dana Transfer Daerah, Sebegini Angkanya

"Ada arahan dari bapak untuk pakai baju adat masing-masing," kata dia di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (17/8).

Billy sendiri menghadiri upacara itu nengenakan pakaian adat dari daerah asalnya, yakni Papua.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Jadi Irup Upacara, Pesawat TNI AU Sudah Disiagakan

"Saya dari Papua, jadi memang karena merepresentasikan salah satu dari sedikit yang ada di Istana untuk menunjukkan keberagaman Indonesia," tambah dia.

Menurutnya, baju adat yang dikenakannya memiliki motif yang hidup. Dia menilai bajunya sesuai dengan semangat tema HUT Ke-77 RI, yaitu Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat.

BACA JUGA: Memaknai Pidato Jokowi, Prabowo: Percaya Pimpinan dan Jangan Mau Diprovokasi 

"Motif yang saya pakai kehidupan, bangkit," jelas dia.

Billy menambahkan Presiden Jokowi yang berpidato pada Sidang Tahunan MPR kemarin menyatakan ingin Indonesia pulih dan bangkit dari dampak pandemi dan ketidakpastian global.

Jokowi, lanjut dia, menyatakan banyak tantangan ke depan sehingga seluruh anak bangsa harus bersama-sama memajukan Indonesia.

"Harus menghadapi tantangan lebih besar lagi, jadi kita harus gotong royong untuk pulih bersama. Jadi, saya pikir itu dua persoalan yang paling kuat yang disampaikan tahun ini," kata Billy. (tan/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Di Pidato Sidang Tahunan MPR, Jokowi Sampaikan Rasa Bangga Indonesia Sukses Juara Umum APG 2022


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler