Parade Nusantara Gelar Aksi di Pantura

Kamis, 12 Januari 2012 – 18:20 WIB

JAKARTA - Persatuan Rakyat Desa (Parade) Nusantara menepati janjinya memenuhi jalan-jalan di sepanjang jalur Pantai Utara (Pantura) dan jalur tengah Jawa. Hari ini (Kamis 12/01), puluhan ribu anggota Parade Nusantara yang terdiri dari kepala desa dan perangkat desa turun ke jalan dengan membawa aneka kendaraan.

Namun sejauh ini, kata Koordinator Wilayah Parade Nusantara Daerah Istimewa Yogyakarta, Muhammad Jihad, aksi berlangsung damai, tanpa ada sedikit pun tindakan anarki.

"Sejak pukul 07.00 WIB, para Kades dan perangkat desa sudah siap di jalan-jalan sepanjang Yogyakarta. Sebagian besar mereka menggunakan sepeda motor. Namun ada juga yang memakai mobil, motor gerobak, dan lainnya. Dengan membawa berbagai spanduk, bendera, dan atribut lain, sekitar 5 ribuan anggota Parade Nusantara DIY melakukan konvoi jalur selatan Jawa," kata Muhammad Jihad, saat dihubungi JPNN, Kamis (12/1).

Dijelaskannya, rombongan dari Yogya bergerak ke Purworejo lalu ke Kebumen. Teman-teman memakai sistem estafet. Sebagian lain menuju Banyumas dan berhenti sebentar di Gombong untuk istirahat. Jalanan memang menjadi macet total.

"Sayangnya kami tidak bisa berkumpul bareng karena polisi sejak awal sudah berusaha memecah rombongan. Namun sejauh ini semuanya berjalan lancar, aman, dan terkendali,” ujar Muhammad Jihad. (fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kejaksaan Tunggu Laporan Kejati Jateng


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler