Paraguay v Jepang: Harapan Terakhir Asia

Selasa, 29 Juni 2010 – 08:52 WIB
HARAPAN - Bendera Jepang berukuran raksasa di tribun penonton, di Stadion Moses Mabhida, Durban, saat laga Jepang lawan Belanda lalu. Kini, Jepang pun menjadi harapan terakhir Asia di babak 16 Besar. Foto: Marko Kolbe/Getty Images/FIFA.com.
PRETORIA - Tinggal Jepang satu-satunya wakil Asia yang masih bertahan di Piala Dunia 2010Pasalnya, Korea Selatan (Korsel) telah kalah dari Uruguay pada babak 16 besar, serta Korea Utara (Korut) dan Australia sudah tersingkir pada fase penyisihan grup.

Dengan begitu, harapan kini Asia berada di pundak Jepang

BACA JUGA: Alonso Mulai Panik

Tak beda dengan Ghana yang menjadi tumpuan Afrika pada Piala Dunia 2010
Ghana telah memastikan lolos ke perempat final dan akan menghadapi Uruguay di Ellis Park, 3 Juli nanti.

Nah, sekarang Jepang masih berada di babak 16 besar

BACA JUGA: Taufik Berharap Ada Evaluasi Menyeluruh

Mereka sedang menatap sejarah menembus perempat final
Asalkan, mereka dapat menekuk Paraguay di Stadion Loftus Versfeld, Pretoria, malam nanti (siaran langsung RCTI pukul 21.00 WIB).

"Korsel telah menunjukkan performa yang luar biasa

BACA JUGA: Muluskan Langkah Tim Besar

Sayang, mereka tidak menangSekarang, tinggal kami wakil Asia yang masih berada di even iniKami harus bisa menjadi kebanggaan Asia," koar Takeshi Okada, pelatih Jepang, seperti dikutip AFP.

"Tentu saja kami akan bermain dengan kepercayaan diri ekstraKami ingin mewakili AsiaHasrat terbesar saya dan para pemain kami adalah bisa mengalahkan ParaguayKami akan berusaha sebaik mungkin," papar pelatih berusia 53 tahun itu.

Selain membawa nama Asia, Jepang juga punya misi tersendiri, skuad berjuluk Samurai Biru itu ingin mencatat sejarah mampu lolos ke perempat finalSebelumnya, prestasi terbaik Jepang adalah menembus babak 16 besar saat Piala Dunia 2002.

Meski begitu, Jepang tetap berusaha rileks, karena status favorit lebih condong kepada Paraguay"Kami akan bermain dengan penuh keberanian dan itu bisa terjadi kalau kami bermain tanpa beban," kata Yuto Nagatomo, bek kiri Jepang.

Bila menilik pada catatan bentrok kedua tim, Jepang memiliki peluang untuk mengatasi ParaguaySetidaknya mengimbangi skuad besutan Gerardo Martino ituSudah enam kali bersua, hasilnya, Jepang sekali menang, kalah dua kali, dan tiga kali seri.

Namun, semua pertandingan itu terjadi di laga uji coba, bukan ajang resmiIni adalah kali pertama mereka bertarung di Piala DuniaBeruntung, Jepang bisa turun dengan kekuatan penuh di saat menghadapi pertandingan vital seperti ini.

Berbeda dengan Paraguay yang kehilangan gelandang Victor Caceres karena sudah mengoleksi dua kartu kuningDengan begitu, posisi dia bakal digantikan oleh Edgar BarretoDi lini depan, Roque Santa Cruz telah berada pada kondisi terbaik.

Selama babak penyisihan grup, kedua tim menunjukkan betapa ketat benteng pertahanan merekaMeski kebobolan dua gol, lini belakang Jepang sangat disiplin dan sulit ditembusParaguay hanya kebobolan satu gol pada penyisihan grup.

Jepang akan mengandalkan eksekusi bola mati dari area dekat kotak terlarang dan Paraguay berharap striker mereka bisa memecah kebuntuan"Selain mencetak gol, tugas kami adalah membuat lawan kesulitan dalam bertahan," papar Santa Cruz.

Lini depan Paraguay kurang tajamMereka baru mencetak tiga gol, itupun bukan diciptakan oleh strikerSatu gol ke gawang Italia dicetak bek Antolin Alcaraz, dua gol ke gawang Slovakia dicetak gelandang Cristian Riveros dan gelandang bertahan Enrique Vera.

Padahal, lini depan Paraguay dihuni penyerang subur seperti Oscar  CardozoMusim lalu bersama Benfica dia mencetak 38 gol di semua ajangSelain itu, ada penyerang Borussia Dortmund Nelson Haedo Valdez serta Santa Cruz yang punya reputasi hebat(ham/ito/jpnn)

Perkiraan Pemain

Paraguay (4-3-3): 1-Villar (g); 4-Caniza, 5-Caceres, 14-Da Silva, 3-Morel; 13-Vera, 8-Barreto, 16-Riveros; 9-Santa Cruz, 7-Cardozo, 18-Valdez
Pelatih: Gerardo Martino

Jepang (4-3-3): 21-Kawashima (g); 3-Komano, 22-Nakazawa, 4-Tulio Tanaka, 5-Nagatomo; 2-Abe, 17-Hasebe, 7-Endo; 8-Matsui, 18-Honda, 16-Okubo
Pelatih: Takeshi Okada

Wasit: Frank De Bleeckere (Belgia)
Stadion: Loftus Versfeld, Pretoria

Head to Head
27/05/08 Jepang      v Paraguay    0-0
11/06/03 Jepang      v Paraguay    0-0
01/07/01 Jepang      v Paraguay    2-0
02/07/99 Paraguay  v Jepang        4-0
17/05/98 Jepang      v Paraguay    1-1
20/09/95 Jepang      v Paraguay    1-2

Di atas kertas
Selama Piala Dunia 2010, kedua tim menunjukkan ketatnya benteng pertahanan merekaSelain itu, sejarah kedua tim menunjukkan, dalam dua bentrok terakhir selalu berakhir imbang tanpa golPotensi laga diakhiri via adu penalti cukup besar.

Bursa Asian Handicap
Paraguay v Jepang        0 : 1/2

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kalahkan Cile 3-0, Brazil Jumpa Belanda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler