Pariwisata Jadi Program Unggulan Sumsel

Selasa, 28 Februari 2017 – 11:58 WIB
Wonderful Indonesia. Foto: Kemenpar

jpnn.com - jpnn.com - Amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menetapkan Pariwisata menjadi Core Bisnis ekonomi bangsa Indonesia langsung direspons Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel).

Melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel menggelar Rapat Teknis (Ratek) SKPD Kebudayaan dan Pariwisata se-Sumatera Selatan, Senin (27/2) di Besh Hotel Pagar Alam, Sumsel.    

BACA JUGA: Tanjung Kelayang Mulai Garap Spot Pantai Burung Mandi

Kepala Disbudpar Sumsel Irene Camelyn Sinaga mengatakan, acara Ratek ini digelar karena seirama dengan pemerintah pusat dimana kebudayaan dan Pariwisata juga telah menjadi sektor yang dapat menumbuhkan ekonomi dengan cepat di Sumsel.

”Buktinya sudah sangat terasa di Sumsel. Oleh karena itu dalam rencana Kerja Pembangunan Tahun 2018, kami menempatkan sektor Pembangunan Dunia Usaha dan Pariwisata menjadi program prioritas sebagai sektor unggulan di daerah kami,” ujar Irene dalam keterangan resminya di acara tersebut.

BACA JUGA: Indonesia Harus Bisa Tarik Wisatawan Timur Tengah

Pada pertemuan yang digelar selama dua hari itu, Irene berhasil mengumpulkan 80 peserta yang terdiri dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata se-Sumatera Selatan dan para pemangku kepentingan dunia usaha Pariwisata dan juga diikuti oleh Dinas PU Cipta Karya Provinsi dan Kabupaten Kota se Sumatera Selatan.

”Nah, maka dari itu kita kumpulkan semua pihak yang terkait. Itu karena pengembangan  dunia  kepariwisataan dapat dicapai apabila adanya dukungan dari dunia usaha pariwisata dan Pemerintah  baik pusat maupun daerah serta  masyarakat. Ini yang biasa disebut oleh pak Menteri Pariwisata Arief Yahya sebagai Indonesia Incoporated,” kata Irene.

BACA JUGA: Pariwisata Meningkat, Makelar Tanah Mengaku Investor

Irene menilai Ratek kali ini sangatlah penting guna mewujudkan sasaran pembangunan  kebudayaan dan pariwisata Sumatera Selatan  yang  terpadu dan berkelanjutan.

”Pariwisata itu manfaatnya langsung ke masyarakat, persiapannya pun tidak sulit, dampaknya langsung ke perekonomian rakyat,” katanya.

Sementara  itu Asisten Setda  Bidang  Perekonomian dan Kesra Kota Pagar Alam  Syafrani menyambut baik diadakanya Ratek  Kebudayaan dan Pariwisata didaerahnya, sekaligus agar dapat memperkenalkan obyek  obyek  pariwisata yang banyak dimiliki Kota  Pagar Alam.

”Jelas kami berharap dari Ratek ini nanti akan  dapat  menghasilkan  keputusan yang  bermanfaat bagi  pengembangan dunia Kebudayaan  dan pariwisata di  Sumatera Selatan. Kita juga berharap, Pemprov terus bersinergi dengan industri dalam menciptakan peluang mendatangkan Wisatawan Mancanegara maupun wisatawan nusantara. Contohnya saja beberapa even Sport Tourism yang sukses  di Sumsel sudah menjadi bukti bahwa Sumsel memang berpotensi di dunia pariwisata,” jelasnya. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Momentum Tingkatkan Kerja Sama Energi dan Pariwisata


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler