Pasangan Johannes Rettob dan Emanuel Kemong Layak Memimpin Kabupaten Mimika

Senin, 08 Juli 2024 – 15:01 WIB
Ketua Umum Generasi Muda Kosgoro Fajri Noch. Foto: supplied

jpnn.com, JAKARTA - Penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mimika untuk Pilkada 2024 hanya tersisa kurang lebih sepuluh minggu lagi.

Hanya terdapat beberapa tokoh yang dirasa siap maju dalam kontestasi tersebut.

BACA JUGA: Rayakan HUT ke-57, PTFI Gelar Operasi Katarak Gratis di Mimika

Johannes Rettob dan Emanuel Kemong dinilai sebagai bakal calon yang paling siap menjelang Pilkada Kab. Mimika 2024.

Johannes Rettob digadang-gadang akan berpasangan dengan Emanuel Kemong.

BACA JUGA: Jaksa Eksekutor KPK bakal Mengeksekusi Bupati Mimika Eltinus Omaleng

Keduanya dinilai sebagai pilihan yang tepat untuk diusung pada Pilkada Mimika. Hal ini tidak terlepas dari rekam jejak keduanya yang sangat baik.

Johannes Rettob memiliki latar belakang pendidikan yang baik dan terbukti sebagai birokrat yang berpihak pada rakyat.

BACA JUGA: Melawan Saat Ditangkap, Anggota KKB Tewas Ditembak

Salah satu alumnus Lemhannas 2016 yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Generasi Muda Kosgoro Fajri Noch mengatakan bahwa John Rettob adalah pilihan paling tepat.

“Kita semua tahu, pelaksanaan Pilkada merupakan perintah konstitusi sebagai sarana untuk melahirkan pemimpin yang kredibel, transparan, bersih serta berkesesuaian dengan kehendak rakyat. Saat ini dari kaca mata Kami, pasangan Jhon dan Emanuel bakal menyejahterakan masyarakat Mimika,” ungkap Fajri yang juga mantan Sekretaris KNPI Papua.

Fajri menuturkan Jhon Rettob adalah sosok Bapak Pluralisme Papua atau Bapa bagi semua kalangan yang telah dibuktikan dalam beberapa agenda kerjanya.

“Saya ikuti betul jejak digital Bapak Johannes Rettob, sebut saja Agenda Pesparawi dan MTQ yang sukses besar di tangan beliau. Ini menandakan bahwa beliau mampu memposisikan diri tanpa memandang suku, ras, agama dan golongan,” kata Fajri.

Fajri menambahkan bahwa kepala daerah harus piawai dalam urusan pemerintahan, karena itu sosok seperti JR sangat dibutuhkan untuk membawa Kabupaten Mimika ke arah yang lebih baik lagi.

“Selain piawai dalam mengelola masalah yang ada di daerah dan pendekatan terhadap persoalan kearifan lokal, JR juga merupakan pejabat yang Low Profile yang berpengalaman di bidang perhubungan udara  dan Pemerintahan,” kata Fajri.

"Sedangkan untuk pasangannya, Emanuel Kemong merupakan sosok yang paling layak mendampingi JR sebagai calon Wakil Bupati Mimika 2024-2029," katanya.

Tokoh masyarakat Mimika Abraham Timang mengatakan bahwa Emanuel Kemong merupakan tokoh di balik kemajuan dan perkembangan pendidikan serta perekonomian di Kabupaten Mimika.

“Beliau (Emanuel Kemong) ini tidak diragukan lagi sampai dengan sekarang itu anak-anak tujuh suku yang ada disini (Mimika) memiliki gelar dan menjadi pejabat itu semua binaan pak Emanuel Kemong,” kata Abraham Timang.

Dikatakannya, Emanuel Kemong memiliki latar belakang seorang guru yang memiliki kapasitas dan andil besar dalam membangun Kabupaten Mimika terutama dari sisi pendidikan.

“Banyak anak-anak dari gunung yang beliau ambil disekolahkan melalui LPMAK yang sekarang YPMAK yang tidak menyadari atas jasa beliau tang sudah menjadikan anak-anak asli Papua menjadi pintar,” kata Abraham.

Emanuel Kemong dinilai juga peduli dan tanpa pamrih dalam pelayanan kepada Orang Asli Papua tanpa memandang suku.

“Beliau ini tidak diragukan lagi bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi beliau memiliki peran di Mimika. Dulu bersama saya di LPMAK dia paling aktif terutama untuk pelayanan kepada masyarakat Orang Asli Papua tidak memandang suku,” tegasnya.

Emanuel Kemong juga pernah menjabat sebagai Direktur LPMAK yang berhasil membangun perumahan untuk masyarakat pesisir.

“Untuk perumahan rakyat, beliau yang bangun rumah-rumah untuk masyarakat pesisir melalui programnya di LPMAK dan selanjutnya saya lanjutkan programnya. Kurang apalagi, beliau ini sosok yang lengkap dan sangat peduli kepada rakyat,” kata Abraham. (rhs/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gegara Perselisihan Penggunaan Gereja, Jemaat Bentrok di Jakarta Timur


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler