Pasar Low Pick Up Anjlok, Suzuki Indomobil Revisi Target

Kamis, 01 Desember 2016 – 02:17 WIB
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - JAKARTA - Mengawali tahun 2016, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sempat menargetkan market share 12,5 persen di pasar kendaraan roda empat.

Namun pada semester satu 2016, pasar untuk segmen low pick up yang menjadi andalan Suzuki rupanya mengalami penurunan yang cukup besar.

BACA JUGA: Hari ini, KMP Legundi Layani Rute Surabaya-Lombok

Kondisi ini membuat SIS terpaksa merevisi target tersebut menjadi 9,5 persen.

“Di awal tahun, kAMI tidak memprediksi kalau pasar low pick up akan turun, bahkan sampai 50 persen,” ujar National Sales Head 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Susanto Winarto.

BACA JUGA: Kadin: Dunia Usaha Butuh Stabilitas Makro Ekonomi

Di Januari 2016, secara total low pick up masih bisa terjual sebelas ribuan unit.

Tapi di Juni 2016 yang bisa terjual hanya enam ribuan unit.

BACA JUGA: Bizzy Hadirkan Inovasi Terbaru

“Akhirnya kami turunkan target market share jadi 9,5 persen karena memang pasar low pick up secara keseluruhan sedang turun, sementara segmen lain sepeti LCGC naik,” lanjutnya.

Hingga Oktober, penjualan mobil Suzuki pada tahun ini sudah mencapai sekitar 76 ribu unit dengan market share sembilan persen.

Sampai akhir tahun, Suzuki menargetkan sedikitnya bisa menjual 93 ribu - 95 ribu unit mobil.

“Kalau melihat pencapaian sampai Oktober, sudah sedikit lagi mencapai target. Kami masih yakin bisa mencapainya karena pasar low pick up belakangan juga sudah mulai merangkak naik,” katanya.

Menyambut akhir tahun dan menggenjot penjualan, SIS menyiapkan program penjualan bertajuk Tripl3Bonus.

Dengan melakukan pembelian unit mobil, service mobil, dan juga pembelian sparepart serta aksesori di dealer Suzuki, konsumen bisa mendapatkan undian grand prize yang berhadiah satu unit Suzuki New SX4 S-Cross, 15 sepeda motor Suzuki Satria F 150, 30 unit sepeda motor Suzuki Address, dan voucher untuk service, pembelian sparepart dan aksesoris.

Nah, memasuki 2017, SIS masih menyimpan berbagai produk baru untuk diluncurkan.

Kendati tidak benar-benar dinyatakan resmi model apa yang meluncur indikasi terbesarnya sudah pernah diperkenalkan pada pameran otomotif nasional.

SIS setidaknya punya empat pilihan.

Yakni Ignis, Baleno, Jimny, dan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Untuk SHVS, sudah santer beredar kabar merupakan Ertiga diesel.

“Kami lagi menunggu lampu hijau dari head office. Untuk meluncurkan produk kan ada kajian proses, produksi, dokumentasi, homologasi, kemudian banyak spek teknis yang mesti dirilis. Produk yang dirilis di satu daerah kan belum tentu cocok di kita. Ini lagi dalam tahap seperti itu,” kata 4W Sales & Marketing Director SIS Setiawan Surya. (dew/jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kejar Target 20 Juta Wisman, Kemenpar Gelar Pelatihan Win Way Champions


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler