Pasar Otomotif Masih Bergairah

Minggu, 06 April 2014 – 02:20 WIB

jpnn.com - MAKASSAR-- Harga mobil cenderung naik tahun ini. Pemicunya, kenaikan pajak cukup besar. Dampaknya, penjualan akan terkoreksi.

Namun PT Astra Internasional Tbk- Daihatsu tidak kawatir dengan isu penjualan yang akan terkoreksi. Daihatsu malah mengklaim ada peningkatan penjualan pada kuartal pertama tahun ini.

BACA JUGA: Wholesales Daihatsu Triwulan I Capai 51.448 Unit

Keyakinan itu dikarenakan hadirnya kelas Low Cost Green Car (LCGC) Ayla membuat pasar tetap tumbuh. Hal ini juga terjadi pada penjualan Daihatsu. Khusus untuk Daihatsu cabang Urip Sumohardjo Makassar saja, rata-rata penjualan mencapai 65 unit untuk periode Januari hingga Februari.

Kepala Wilayah PT Astra Internasional Tbk.-Daihatsu Sales Operation Indonesia timur, Kroda Kalantara, mengatakan banyak memprediksi penjualan otomotif akan menurun. Namun penjualan daihatsu justru meningkat 2 persen pada kuartal pertama tahun ini.

BACA JUGA: Telkom Tetap Lanjutkan Perluasan Infrastruktur Broadband

"Kontribusi Astra Daihatsu sendiri memiliki market share pada periode Februari meningkat menjadi 21,6 persen dari periode yang sama tahun lalu sebesar 19,6 persen di Sulsel," ujar Kroda Kalantara pada Morning Tea dengan Direksi PT Media Fajar di Best Western Hotel, kemarin.

Menurut Kroda, penjualan Daihatsu di Sulsel, peningkatannya cukup positif. Hal itu dipengaruhi oleh daya beli masyarakat Sulsel cenderung mengalami kenaikan.

BACA JUGA: Telkom Bagikan Dividen Rp 9,9 Triliun

"Sebanyak 60 persen penjualan Daihatsu ada di Makassar. Kemudian disusul Maros, Gowa dan Bone. Ketiga daerah ini cukup baik pasarnya," ujar Kroda.

Ia mengatakan, penjualan Daihatsu saat ini menembus angka 287 unit per bulan. Sementara target penjualan hanya 220 unit saja, angka ini memberikan keyakinan terhadap pasar di Sulsel.

"Espektasi pasar kita lebih baik, penyerapan Sulsel terhadap penjualan mobil selalu naik rata-rata 3 persen per bulan. Sulsel itu punya pasar bagus," tuturnya.

Lanjut Kroda, kontribusi Astra Daihatsu terhadap  market share pasar otomotif di Sulsel mencapai  19,6 persen pada Februari 2013 lalu. Tahun ini naik menjadi 21,6 persen pada periode yang sama.

"Penjualan kita naiknya bagus, walaupun belum bisa mengalahkan raja otomotif di Sulsel, namun setidaknya Daihatsu telah memberikan kotribusi besar," tutur Kroda.

Kepala PT Astra International Tbk Daihatsu Cabang Urip Sumoharjo, Makassar, Budiono mengatakan, khusus untuk segmen LCGC, Daihatsu optimis bisa tetap tumbuh.

"Segmen ini membidik kelas menengah sehingga cukup dimainati masyarakat," tutur Budiono

Budiono menjelaskan, penjualan Daihatsu tetap tumbuh meski kondisi pasar stagnan. Kondisi itu  di karena adanya varian baru Ayla yang hadir memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Dengan harga seratusan jutaan, masyarakat sudah bisa memiliki mobil. Tentu masyarakat lebih memilih membeli Ayla, dibanding membeli mobil bekas dengan harga sama," tutupnya. (dir)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Soal Jamsostek, Karyawan Batal Tuntut Manajemen Merpati


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler