Pasar Rumah Tapak Bertumbuh, LPKR Diversifikasi Produk

Selasa, 26 September 2023 – 12:15 WIB
Pasar rumah tapak bertumbuh, PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) gencar melakukan diversifikasi produk. Foto dok. Lippo group

jpnn.com, JAKARTA - Perusahaan induk yang menaungi marketplace properti Rumah123.com dan 99.co, 99 Group melaporkan dalam risetnya bahwa pencarian rumah tapak masih mendominasi, yaitu mencapai 64,1% sepanjang Semester I/2023. 

Angka permintaan tersebut jumlahnya bahkan 5 kali lebih besar dibandingkan permintaan apartemen yang tercatat sebesar 10,4% serta tanah sebesar 9%.

BACA JUGA: 99 Group Gelar Festival Properti di Mal Kokas, Banjir Promo Menarik!

Country Manager 99 Group Indonesia Maria Herawati Manik menyampaikan dari sisi segmen harga, pencari properti terlihat menyukai rentang harga hunian mulai dari Rp 400 juta sampai dengan Rp 1 miliar, serta Rp 1 miliar sampai Rp 3 miliar. 

Temuan ini memperlihatkan pencari properti dari kelas menengah dan menengah atas cenderung meningkat signifikan sepanjang Semester I/2023. Mayoritas dari mereka didominasi kalangan generasi muda rentang usia 18-44 tahun yang mencapai 70,4%.

BACA JUGA: Dukung Pertumbuhan Ekonomi, 99 Group Gelar Property Outlook 2023

Umumnya mereka merupakan kalangan yang baru saja menikah, membangun keluarga baru sehingga memiliki keinginan untuk mempunyai hunian sendiri. 

"Ini dapat mendorong pertumbuhan dalam pencarian properti karena mereka mencari rumah atau tempat tinggal yang sesuai dengan perkembangan kondisi mereka saat ini," jelas Maria Herawati dalam keterangannya dikutip Selasa (26/9).

BACA JUGA: Dapat Suntikan Dana, 99 Group Ekspansi ke Pasar Asia Tenggara

Pertumbuhan pasar properti pada paruh pertama 2023 seperti yang tampak dalam riset tersebut, juga dirasakan oleh PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR), platform real estat dan layanan kesehatan terkemuka di Indonesia. 

Pada Semester I/2023, prapenjualan LPKR telah mencapai Rp 2,48 triliun atau setara dengan 50,6% target tahun 2023. Pencapaian ini sekaligus menunjukkan peningkatan kinerja fundamental segmen Real Estate LPKR.

Di saat yang sama, sepanjang Semester I/2023, LPKR juga berhasil memperkenalkan berbagai produk baru yang terbukti menarik pasar. Ini ditunjukkan oleh tingkat penyerapan yang kuat, seperti peluncuran Cendana Gard'n Vista, Cendana Arbory, Newville SOHO (Alpha, Gamma, Zeta).

Juga The Colony @ Himalaya, Cendana Gard'n @ Britania, Newville SOHO (Epsilon) dan blok (Epsilon, Zeta).

Berdasarkan lokasi, Lippo Village dan Lippo Cikarang tetap menjadi kontributor terbesar dalam pemasaran dengan kontribusi masing-masing sebesar 41% dan 25%. 

Di Lippo Village, seri Cendana Homes menyumbang 75% dari prapenjualan Semester I/2023, yang terdiri dari proyek-proyek utama, seperti Cendana Essence, Cendana Arbory, Cendana Botanic, dan Cendana Gard'n Vista. 

Sementara itu, di Lippo Cikarang, prapenjualan didorong oleh penjualan residensial seperti Cendana Spark, Newville, dan Waterfront Uptown Estate dengan total kontribusi sebesar 64%, diikuti oleh penjualan produk industri dengan kontribusi sebesar 30%.

Pada Semester II/2023, LPKR berencana menggencarkan peluncuran produk rumah tapak dengan berbagai segmen pasar. 

"Kami tetap berkomitmen untuk menawarkan produk-produk baru yang dapat menjangkau berbagai permintaan," pungkas Group CEO LPKR John Riady. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler