PascaGempa, Dalam Sehari ada 100 Pergerakan di Bandara Palu

Sabtu, 13 Oktober 2018 – 11:02 WIB
Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu. Foto dok humas dirjen perhubungan udara Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Operasional Bandara Mutiara Sis Al Jufri yang terdampak bencana gempa bumi pada 28 September lalu kini berangsur membaik.

Kepala UPBU Mutiara Sis Al Jufri Palu Benyamin Noach Apituley mengatakan, bahwa operasional Bandara semakin mendekati normal.

BACA JUGA: Operasional Bandara Mutiara Sis Al Jufri Berangsur Membaik

Saat ini check in dan posisi Security Check Poin 1 yang awalnya di selasar terminal, sudah di-reposisi di dalam terminal. Personel Avsec dan PKP-PK serta kendaraan pendukungnyapun juga sudah ada dan dapat memberikan pelayanan dengan baik.

“Satu jam setelah terjadi gempa, kami langsung mengecek kondisi terminal dan landasan. Setelah perbaikan dan pembersihan, saat ini operasional sudah mendekati normal. Sebelumnya ada 20 sampai 22 flight komersil beroperasi dalam sehari, sekarang sudah sekitar 15 flight," jelas Benyamin.

BACA JUGA: KRI Spica 934 Temukan Longsoran Dasar Laut di Teluk Palu

Lebih lanjut Bemyamin mengharapkan dengan dibukanya bandara untuk kegiatan penerbangan baik komersil atau pun untuk kegiatan kemanusiaan, proses evakuasi dan rehabilitasi mulai dapat dilakukan.

"Dalam sehari saat ini total penerbangan di bandara ini sekitar 100 pergerakan. Sebelumnya, setelah dibuka untuk kegiatan penerbangan, dalam sehari bisa mencapai 160 pergerakan baik komersil, bantuan kemanusiaan, SAR maupun kegiatan emergency," jelasnya.(chi/jpnn)

BACA JUGA: Cerita Pilu Ki Kusumo Sepulang dari Sulteng, Oh Anak Itu

BACA ARTIKEL LAINNYA... Doa dari Konsorsium Kader Gus Dur untuk Korban Gempa


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler