Pascagempa Sulbar, Air Bersih Masih Dibutuhkan, TNI AD Turun Tangan

Sabtu, 06 Maret 2021 – 22:25 WIB
Prajurit TNI-AD menyalurkan bantuan air bersih bagi masyarakat yang kesulitan air bersih setelah gempa di Mamuju, Sulawesi Barat, Sabtu (6/3/2021), (FOTO ANTARA/M Faisal Hanapi).

jpnn.com, MAMUJU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) masih terus memberikan bantuan air bersih yang siap dikonsumsi kepada masyarakat korban gempa bumi bermagnitudo 6,2 di Kota Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar). Bantuan air diberikan karena warga masih kesulitan air bersih.

"TNI AD masih mendistribusikan air bersih siap konsumsi kepada masyarakat yang ada di Kota Mamuju karena masyarakat masih kesulitan air bersih," kata Dandim 1418 Mamuju Kolonel (Inf) Aji Sartono di Mamuju, Sabtu.

BACA JUGA: Perintah Terbaru Jenderal Andika soal Penanganan Korban Gempa di Mamuju

Aji menegaskan air bersih disalurkan ke masyarakat menggunakan kendaraan truk milik satuan Yonzikon 14 TNI AD.

"TNI akan selalu ada untuk masyarakat sampai masa transisi pemulihan gempa Mamuju termasuk memastikan masyarakat mendapatkan air bersih," katanya.

BACA JUGA: Pengungsi Gempa di Mamuju Keluhkan Mahalnya Harga LPG 3kg

Lurah Binanga Kabupaten Mamuju Abdul Rahman mengatakan air dari PDAM Mamuju belum lancar mengalir sehingga bantuan TNI AD sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kepala Bagian Teknik PDAM Mamuju Hasri menyatakan pihaknya belum membuka layanan bagi masyarakat yang ingin membuka meteran baru. Pasalnya, PDAM Mamuju masih melakukan perbaikan jaringan instalasi air yang rusak akibat gempa.

BACA JUGA: Tolooong, Pengungsi Gempa Mamuju Kesulitan Air Bersih

Personel yang terbatas cukup kewalahan memperbaiki instalasi PDAM Mamuju yang rusak di beberapa titik wilayah yang diguncang gempa bumi.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya masih fokus menangani rusaknya instalasi PDAM Mamuju dan belum melayani pelanggan yang akan membuka meteran baru.

Sudah banyak calon pelanggan yang akan membuka meteran baru namun belum bisa dilayani, dan harus bersabar menunggu sampai seluruh instalasi PDAM Mamuju kembali berfungsi.

Dia mengatakan jaringan instalasi pipa PDAM Mamuju masih dalam keadaan rusak akibat gempa. Petugas terus melakukan perbaikan dalam Kota Mamuju, karena banyak pipa yang patah akibat gempa.

Menurut dia, petugas teknik PDAM Mamuju telah menggali tanah yang dianggap menjadi lokasi rusaknya instalasi pipa dalam kota Mamuju.

Pihaknya belum bisa mematok target kapan akan selesainya perbaikan pipa PDAM Mamuju yang mengalami kerusakan.
Namun, akan terus berupaya dicari posisi pipa yang patah di bawah tanah yang dirusak gempa agar dapat dilakukan perbaikan.

"Masih ada kerusakan pada sejumlah instalasi PDAM Mamuju sehingga air belum mengalir keseluruh perumahan warga di Kota Mamuju," katanya.

PDAM Mamuju juga masih berupaya memperbaiki kerusakan jaringan induk instalasi air setelah gempa. (antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
gempa Mamuju   TNI AD   TNI   Air Bersih  

Terpopuler