Pastikan Papua Aman untuk Raimuna Pramuka

Jumat, 07 September 2012 – 19:39 WIB
JAKARTA - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono menyatakan bahwa pemerintah siap untuk menggelar Raimuna Nasional X Gerakan Pramuka Tahun 2012 (Rainas X 2012) yang akan dilaksanakan di Jayapura pada 10 - 17 Oktober 2012. Raimuna merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang di Indonesia diselenggarakan oleh Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka.

"Hari ini sudah lengkap persiapannya dan juga dihadiri oleh beberapa menteri terkait serta unsur daerah. Dari pramuka juga hadir. Kita menyatakan siap untuk mengadakan Raimuna di Jayapura," ungkap Agung saat ditemui usai Rapat Koordinasi (Rakor) Rainas X di Kantor Kemenko Kesra, Jakarta, Jumat (7/9) sore.

Namun Agung belum bisa memastikan tanggal pelaksanaan Raimuna. Sebab, waktu pelaksanaannya masih sebatas usulan. "Kita juga masih mencocokkan dengan jawab Presiden RI yang rencananya akan hadir di dalam acara tersebut. Tapi kita pakai patokan sementara 10 - 17 Oktober 2012," ujarnya.

Ditambahkannya, Rainas X akan diikuti oleh 5000 orang peserta dari seluruh Indonesia. Menurutnya, pemerintah dan Kwarnas Pramuka sudah siap menggelar Rainas X di Jayapura.

"Nantinya acara ini kan juga bukan hanya mengenai baris berbaris. Namun, peserta juga akan membahas dan mendalami masalah kebangsaan, pengenalan daerah dan propinsi. Saya jamin ini akan berjalan lancar, karena ini kan sudah sepuluh kali digelar," imbuhnya.  

Di dalam rapat yang juga nampak dihadiri Oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopulhukam) Joko Suyanto dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng tersebut, Agung mengungkapkan, kondisi keamanan Papua terjamin untuk menggelar Raimuna.

"Saya jamin, kondisi di Jayapura aman. Karena dari pihak Kapolda dan Pemda setempat juga sudah meyakinkan mengenai kondisi di sana," ungkapnya.

Agung menjelaskan, lahan yang digunakan untuk pelaksanaan Raimuna juga sudah dinyatakan steril sehingga para peserta nantinya dapat mengikuti Raimuna dengan rasa aman. "Memang sejak Juni di wilayah tersebut sempat terjadi suatu kondisi yang tidak kondusif. Akan tetapi sekarang kondisinya sudah sangat baik sekali," ujarnya.

Namun begitu, nantinya pengamanan Raimuna tidak hanya dilakukan oleh kepolisian. Sebab, ada beberapa personil Pramuka senior yang akan ikut mengamankan jalannya Raimuna. "Kita memastikan kegiatan dipusatkan di area itu saja. Sehingga pengawasan keamanannya dapat lebih mudah," tutur Agung. (Cha/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Jumat Kramat Bagi Tersangka Korupsi Proyek Alquran

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler