Pasukan Tengkorak Bakal Masuk ke Basis KKB, Bravo TNI!

Jumat, 10 Juni 2022 – 17:01 WIB
anggota TNI AD Yonif Para Raider 305/Tengkorak, Divif 1 Kostrad saat bersama anak-anak di Papua. (Source for JPNN.com)

jpnn.com, JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) sedang mempersiapkan pasukan Yonif Para Raider 305/Tengkorak, Divif 1 Kostrad untuk berangkat ke Papua dalam rangka menjadi Satuan Tugas Kodim 305 di wilayah Kabupaten Intan Jaya.

Kabupaten Intan Jaya selama ini dikenal sebagai salah satu wilayah di Papua yang menjadi basis Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB.

BACA JUGA: Perwira TNI AL Dituding Minta Rp 5,4 Miliar, Wakasal: Hoaks, Mencemarkan Nama Institusi

Komandan Yonif PR 305/Tengkorak Mayor Inf Ardiansyah selaku Dansatgas menyampaikan bahwa program latihan yang menjadi prioritas adalah berkaitan dengan pembinaan teritorial (Binter) dengan menjunjung tinggi kearifan budaya dan adat istiadat setempat.

"Perjalanan para Kesatria Tengkorak ke Intan Jaya guna mewujudkan pesan damai yang sudah dilemparkan, yaitu Papua Penuh Damai (Papeda)," ujarnya dalam rilis yang diterima, Jumat (10/6) sore.

BACA JUGA: Mayjen TNI Gabriel Lema: Saya jadi Begini karena Makan Beras Polisi

Sementara itu Perwira Hukum Satgas Yonif PR 305/ Tengkorak Letda Chk Julet Aloisius Tail menyakini kehadiran Yonif Para Raider 305/Tengkorak dapat membawa warna berbeda dengan satgas sebelumnya.

"Pendekatan kearifan lokal menjadi kunci utama yang kami lakukan, sehingga apa yang diinginkan masyarakat, kami akan berusaha lakukan," ucapnya.

BACA JUGA: Jelang Hari Bhayangkara, Jurnalis dan Jenderal Polri Adu Tembak, Siapa Menang?

Mantan wartawan di Papua ini juga menegaskan keberadaan para Ksatria Tengkorak di Intan Jaya nantinya diharapkan dapat memberikan dampak kepada masyarakat Intan Jaya pada khususnya dan masyarakat Papua pada umumnya. Hal ini sejalan dengan Perintah Harian Panglima TNI.

"Perintah dari Panglima TNI bahwa pemberangkatan Satuan TNI ke Papua dimaksudkan untuk melaksanakan tugas pembinaan teritorial, pendekatan kepada masyarakat secara persuasif serta menjunjung tinggi dan memberdayakan kearifan lokal berupa nilai-nilai luhur budaya Papua," terangnya.

Dia menjelaskan program yang akan diimplementasikan sebagai bentuk sarana pendekatan kepada para tokoh dan masyarakat Papua secara umum sehingga masyarakat Papua makin cinta kepada TNI dan utamanya kepada NKRI.

"Kuncinya yakni memperkuat persaudaraan, persatuan, kebinnekaan dan menyampaikan pesan-pesan perdamaian diharapkan dapat merebut hati dan simpati rakyat untuk tetap setia kepada NKRI," tegasnya. (mcr30/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Fakta Ulah Oknum TNI Prada YW & Praka AKG, Senior Penjual Amunisi Masih Misteri


Redaktur : Soetomo Samsu
Reporter : Muhammad Cholid Ridwan Abubakar Sangaji

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler