Patroli di Selat Taiwan, Kapal Serbu Tiongkok Ini Diklaim Lebih Hebat dari Milik Amerika Serikat

Rabu, 15 Juli 2020 – 15:30 WIB
Kapal serbu amfibi 075 milik Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA). Foto: Wikipedia

jpnn.com, BEIJING - Kapal serbu amfibi milik Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) diperkirakan meluncur bersamaan dengan Taiwan menggelar latihan militer tahunan Han Kuang.

Media di Tiongkok, Rabu (15/7), melaporkan bahwa kapal tersebut lebih unggul dari USS Bonhomme Richard, kapal sejenis milik Amerika Serikat, yang terbakar hebat di San Diego pada Minggu (12/7).

BACA JUGA: Amerika Berulah, Tiongkok Kirim Kapal Perusak Termutakhir ke Selat Taiwan

Foto-foto terkini yang beredar di sejumlah media sosial Tiongkok menggambarkan konstruksi kapal serbu amfibi tipe 075 yang pertama kali meluncur di Shanghai pada September 2019 itu sudah hampir selesai.

Tiang perancah yang digunakan selama proses konstruksi kapal tersebut sudah diturunkan.

BACA JUGA: Kapal Perang Amerika Berjam-jam Dikepung Api, Belasan Orang Jadi Korban

Saat ini memasuki tahap pembersihan yang berarti tidak lama lagi akan segera melakukan uji pelayaran, demikian kanal berita berbahasa Mandarin Lianhe Zaobao.

Kemajuan perbaikan kapal Tiongkok tersebut bersamaan dengan latihan militer tahunan Han Kuang yang digelar Taiwan mulai Senin (13/7).

BACA JUGA: Kapal Induk Amerika Beraksi di Laut China Selatan, Tiongkok Cuma Bisa Melongo

Para pengamat berpendapat bahwa kapal tipe 075 itu dapat digunakan untuk operasi pasukan reunifikasi yang dilakukan PLA. Berdinasnya kapal tersebut juga peringatan kepada pihak Taiwan atas penjualan senjata AS ke wilayah kepulauan di sebelah timur Tiongkok daratan itu.

Kapal serbu amfibi merupakan jenis kapal perang yang digunakan untuk pendaratan pasukan ke darat. Kapal ini juga dapat mendukung pasukan darat di wilayah musuh melalui serangan amfibi.

Kapal 075 itu diluncurkan di Shanghai pada April lalu, namun pada bulan yang sama terbakar dengan kerusakan minor.

Dibandingkan dengan 075, USS Bonhomme Richard membutuhkan perbaikan besar-besaran karena pemadaman apinya sampai butuh waktu hingga dua hari. (ant/dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler