PAUD Dipandang Sebelah Mata

Minggu, 23 September 2012 – 08:17 WIB
TASIK – Saat ini adanya pendidikan anak usia dini (PAUD) masih dinilai sebelah mata oleh sebagian orang tua. Untuk itu diperlukan sebuah regulasi atau aturan yang mewajibkan anak  usia 0-6 tahun harus masuk dalam pendidikan PAUD.

PCM Muhamdiyah Kecamatn Cipedes menggelar seminar pendidikan yang bertema’Membangun Kesadaran Akan Pentingnya Pendidikan Untuk  Anak Usia Dini Serta Tata Kelola Baik bagi Paud di Kota Tasikmalaya’ yang diikuti sekitar 120 orang guru dan mahasiswa.

Dengan menghadirkan narasumber H Yulikusparmono M. Kom (motivator),drh Ratna Malinda Indah (Kepala PAUD Tiara Chandra Yogyakarta) dan Aini Fidianti  M,PSi (Psikolog), di Hotel Graha Asri kemarin (22/9).

Ketua Panitia Seminar Pendidikan Erpan panhas mengatakan  selama ini Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) masih kurang begitu mendapat perhatian dari masyarakat, karena adanya anggapan bahwa pendidikan anak pra sekolah tidak begitu penting diterapkan pada anak.

”Padahal justru di usia dini atau yang kerap disebut golden age” dibutuhkan pendidikan yang maksimal untuk membentuk karakter anak di masa mendatang,” ungkapnya.

Padahal dengan PAUD itu, kata Erpan, akan membangun karakter anak dan dapat mengembangkan kreativitas serta imajinasi anak di masa depan.

“Artinya, jika kita mendidik anak dari usia dini, membangun karakternya dan membangun kemampuan imajinasinya diyakini akan mampu mendorong perkembangannya di masa depan. Sebab, mendidik anak di usia dini akan melekat di masa mendatang,” ujarnya.

Untuk itu, dengan adanya kegiatan seminar pendidikan dalam membangun minat dan partisipasi ini dapat kembali disosialisasikan kepada masyarakat bahwa pendidikan PAUD sangatlah berguna bagi pertumbuhan dan pemikiran anak. ”Mudah-mudahan dengan adanya seminar  ini dapat merangsang semua pihak untuk terus menggalakkan pentingnya PAUD bagi anak,” tuturnya.
-
Salah seorang mahasiswa yang menghadiri kegiatan tersebut, Rismayanti mengungkapkan, agar bisa mencegah prilaku anak saat memasuki anak baru gede, diperlukan pembinaan karakter sejak dini. Sehingga ketika beranjak dewasa anak tersebut bisa membedakan mana yang salah dan benar. ”PAUD itu akan mendorong anak memiliki karakter dengan dasar yang dibelajarinya sejak kecil,” tandasnya. (kim)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Mahasiswa Gugat UU Guru

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler