Paus Francis I: Pulau Malvinas Milik Argentina

Kamis, 14 Maret 2013 – 15:26 WIB
VATIKAN - Baru saja terpilih menjadi Paus baru, Jorge Mario Bergoglio langsung mengeluarkan komentarnya soal perseteruan antara Inggris dan Argentina yang memperbutkan pulau Malvina. Paus Francis I itu pun mengatakan bahwa pulau tersebut milik Argentina.

Entah apa yang membuat Paus Francis I melontarkan komentarnya tersebut. Namun tentu saja dia membela Argentina lantaran dia adalah warga negara Argentina dan sebelumnya bertahta sebagai Uskup Buenos Aires.

“Malvinas adalah milik warga Argentina,” tegas Paus Francis I seperti dilansir Mirror.

Tak cuma memberikan klaim pada Argentina, dia juga mengharapkan agar semua orang tak melupakan nyawa yang terbuang akibat perang antara Argentina dan Inggris tersebut.

Ini bukan kali pertama Bergoglio menyatakan  pendapatnya mengenai Malvinas. Setahun lalu, dia juga memberikan pandangannya mengenai sengketa tersebut.

“Kami datang untuk berdoa kepada semua orang yang meninggal karena konflik ini. Untuk anak muda yang berjuang mempertahankan negaranya dan untuk mengklaim kembali apa yang seharusnya menjadi milik mereka,” terang Bergoglio pada peringatan 30 tahun perang Malvinas April 2012 lalu.

Seperti diketahui, hubungan diplomatic antara Inggris dan Argentina memang sempat memburuk karena perebutan pulau Malvinas.

Keduanya bahkan sempat terlibat perang terbuka pada rentang 2 April- 14 Juni 1982 demi mendapatkan pulau itu.

Ribuan nyawa hilang sia-sia karena perang tersebut. Kabarnya, tentara Inggris yang mati berjumlah 258 orang. Sementara Argentina berjumlah 649. Pulau tersebut akhirnya memang dimenangkan oleh Inggris Raya.

Sikap tegas Paus Francis I mengenai Malvinas kian membuat dirinya disebut-sebut memiliki keteguhan hati yang kuat. Sebelumnya, dia juga terang-terangan menolak pernikahan sesame jenis. (jos/mas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mengapa Paus Baru Memilih Nama Francis I?

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler