Paus Fransiskus Bertandang ke Indonesia, Jokowi: Ini Momen Bersejarah

Selasa, 03 September 2024 – 13:34 WIB
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan sambutan hangat atas kedatangan Yang Teramat Mulia Paus Fransiskus ke Indonesia, di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa (3/9). Foto: dokumentasi Biro Pers Istana

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan hangat atas kedatangan Yang Teramat Mulia Paus Fransiskus ke Indonesia.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa (3/9).

BACA JUGA: Paus Fransiskus di Indonesia, Luhut Binsar Teringat Kejadian 1989

“Saya atas nama rakyat Indonesia, menyambut hangat dan terima kasih atas kunjungan Yang Teramat Mulia Paus Fransiskus ke Indonesia,” ujar Jokowi.

Dia mengatakan bahwa kunjungan tersebut merupakan momen yang sangat bersejarah, mengingat kunjungan Paus terakhir ke Indonesia terjadi lebih dari tiga dekade yang lalu.

BACA JUGA: Bersejarah! Paus Fransiskus Ada di Indonesia

Sebelumnya, kunjungan Paus ke Indonesia terjadi saat kunjungan Paus Paulus VI pada 1970 dan Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1989.

“Kunjungan ini adalah kunjungan yang sangat bersejarah, sudah direncanakan beberapa tahun yang lalu, tetapi tertunda karena pandemi Covid,” kata dia.

BACA JUGA: Ketum GP Ansor: Paus Fransiskus Sangat Indonesia, Toleransi Tinggi

Eks Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan bahwa Indonesia dan Vatikan berbagi komitmen yang sama dalam memupuk perdamaian, persaudaraan, serta menjamin kesejahteraan bagi seluruh umat manusia.

Agenda kunjungan Paus Fransiskus selama empat hari di Indonesia mencerminkan komitmen tersebut.

"Selama empat hari kunjungan beliau, Yang Teramat Mulia Sri Paus akan melakukan pertemuan kenegaraan, pertemuan dengan korps diplomatik dan wakil-wakil masyarakat, pertemuan dengan tokoh lintas agama di Masjid Istiqlal, serta misa kudus," tuturnya.

Jokowi pun menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan, yang dilihatnya sebagai bukti eratnya hubungan antara Indonesia dan Vatikan.

Kunjungan Paus Fransiskus diharapkan dapat memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Vatikan.

“Serta menjadi tonggak penting dalam memperkuat dialog antaragama di Indonesia,” tambah presiden. (mcr4/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... TNI-Polri Siapkan Pasukan Khusus dan Sniper Mengawal Kedatangan Paus Fransiskus


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler