PBNU Minta Santri Tak Terprovokasi Pembenturan dengan Polri

Selasa, 03 September 2024 – 08:58 WIB
Ilustrasi PBNU. Ilustrasi. Foto: Dok. PBNU

jpnn.com, JAKARTA - PBNU mengimbau seluruh masyarakat, khususnya warga Nahdlatul Ulama (NU) dan santri untuk tidak terprovokasi pembenturan yang tengah terjadi.

Belakangan, pembenturan antara santri dan Polri tengah santer terdengar. Di media sosial, ada penggerakan buzzer untuk memviralkan tagar #santrimenolakpolisi.

BACA JUGA: Paus Fransiskus Bakal Berkunjung ke Indonesia, Ketua PBNU Angkat Suara

"Selama ini hubungan Polri dan santri sangat baik. Apalagi Pak Kapolri Jenderal Sigit itu sangat takdzim dengan kiai," kata Ketua PBNU Abdullah Latopada dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Selasa (3/9).

Menurutnya, tagar tersebut menumpang isu pembubaran unjuk rasa dengan semprotan gas air mata dari polisi. Sebab, ada yang mengenai beberapa santri yang sedang berada di sekitar lokasi.

BACA JUGA: PBNU Bakal Membersihkan PKB

"Untuk kasus gas air mata ini, saya kira Polri melalui Kabid humas Polda Jateng sudah meminta maaf dan mendatangi lokasi. Jadi janganlah ini dibesar-besarkan dengan tujuan membenturkan santri NU dan polri," ungkapnya.

Lebih lanjut dia memaparkan, hubungan antara Polri dan santri, terutama santri NU dan pondok pesantren, sangat baik. Polri selalu bersinergi di setiap kegiatan santri.

BACA JUGA: TNI-Polri di Pelalawan Berkeliling Kampung Mengajak Warga Ciptakan Pilkada Sejuk & Damai

"Secara pribadi Kapolri sangat takdzim sama kiai. Beliau kerap sowan untuk meminta masukan dan saran dari para kiai NU. Jadi sangat tidak mungkin ada niatan dari polisi memusuhi santri," ujar dia.

Dia menambahkan Kapolri juga sangat dekat dengan siapa pun. Apalagi, Jenderal Sigit saat ini sangat mudah ditemui dan diajak berdialog.

Kapolri juga dipandangnya berhasil membawa polisi menjadi pengayom masyarakat dan benar-benar berfungsi menertibkan masyarakat dan menjadi penegak hukum yang baik.

"Jadi kalau ada yang mengatakan Kapolri sulit ditemui itu pasti hoaks. Asal keperluannya jelas untuk kepentingan negeri saya kira Kapolri bisa ditemui kapan pun," ujar dia. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polri Tunjukkan Indonesia Negara Aman Lewat Pengamanan IAF ke-2 dan HLF MSP di Bali


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
PBNU   Polri   santri   Warga NU  

Terpopuler