PDIP: Asing Jangan Campuri Kedaulatan RI

Rabu, 01 Februari 2012 – 14:09 WIB
JAKARTA - Sekretaris Jendral (Sekjen) PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa pemerintah wajib  menjaga dan melindungi keutuhan wilayah RI.  Meski tugas pemerintah dinilai masih belum efektif, kata Tjahjo Kumolo, tidak pada tempatnya memberikan peran asing untuk kerjasama antar wilayah perbatasan negara.

"NKRI harus berdaulat penuh," tegas Tjahjo di Jakarta, , Rabu (1/2).

Ia mengatakan, pemerintah harus menempatkan pengelolaan wilayah perbatasan menjadi prioritas utama dalam tugas negara menjaga keutuhan NKRI.

"Potensi yang mengancam keutuhan wilayah NKRI harus cepat tertangani," kata anggota Komisi I DPR itu.

Dikatakan, PDI Perjuangan mendorong terjadinya perubahan paradigma di Republik ini dalam memandang atau merencanakan dan menangani wilayah perbatasan serta batas negara. "Bukan sebagai halaman belakang. Tetapi sebagai wilayah terdepan sekaligus sebagai etalase bangsa dan NKRI," tegasnya.

Tjahjo meminta agar dilakukan pengamanan sebagai prioritas dengan mengedepankan fungsi pertahanan di daerah strategis untuk mencegah provokasi dan penyusupan oleh kekuatan asing dan prinsipnya.

Pengelolaan wilayah pertahanan dilakukan secara terintegrasi dengan memerhatikan semua aspek. "Misalnya pembangunan infrastruktur perbatasan ditambah kesejehteraan rakyat dalam fungsi manajemen pengelolaan wilayah pertahanan secara komprehensif integral," ujarnya. (boy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... IPW: Hubungan Polri dan Warga Makin Buruk

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler