PDIP Bakal Usung Risma di Pilkada Jatim 2024

Selasa, 27 Agustus 2024 – 18:53 WIB
Tri Rismaharini. Ilustrasi Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma dikabarkan akan diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan sebagai calon gubernur pada Pilkada Jawa Timur 2024. 

Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP Said Abdullah, mengonfirmasi bahwa partainya akan mengusung Risma 

BACA JUGA: Mensos Risma Libatkan Masyarakat untuk Bangun Rumah Knock Down di Pegunungan Bintang

"Kalau Jawa Timur, Ibu Risma insyaallah confirm," kata Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/8)?

Said menyebut bahwa PDIP akan mengumumkan secara resmi dukungan kepada mantan wali kota Surabaya itu untuk maju pada Pilkada Jawa Timur 2024 pada Rabu (28/8).

BACA JUGA: Arfi Rafnialdi–Yena Iskandar Siap Bertarung di Pilkada Bandung 2024

"Mudah-mudahan, sebagai kader sebagai ketua DPD (PDIP) Jawa Timur, saya berharap besok sudah bisa diumumkan oleh DPP partai," ucapnya.

Hanya saja, dia menyebut sosok bakal calon wakil gubernur yang akan mendampingi Risma masih digodok oleh PDIP dengan berbagai pihak lainnya, tak terkecuali dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

BACA JUGA: Alihkan Dukungan ke Jagoan PDIP Airin-Ade, Bahlil Klaim KIM Takkan Terpecah

"Wakilnya masih dalam proses pembicaraan untuk sampai pada tahap menjadi cawagub mendampingi Mbak Risma," ujarnya.

Sama seperti DKI Jakarta, dia menyebut bahwa Jawa Timur juga akan diumumkan bukan pada awal waktu pendaftaran Pilkada 2024, yang sudah mulai dibuka sejak Selasa hari ini.

"Kami ini, kan, baru awal pendaftaran tanggal 27 (Agustus), kami masih punya kesempatan sampai tanggal 29, dan bagi kami yang kami perhatikan adalah 38 provinsi, bukan hanya DKI saja. Karena ini masih awal, marilah tunggu, seperti DKI, seperti Jawa Timur ini, kan, masih dalam proses," kata dia.

Apabila Risma maju pada Pilkada Jatim 2024, dia bersama pendampingnya akan berhadapan dengan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.

Pasangan petahana itu telah mendapatkan dukungan dari sembilan parpol, yaitu Partai Demokrat, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Nasional Demokrat (NasDem). (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler