PDIP: Jangan Pertentangkan Pancasila dan Agama

Rabu, 12 Februari 2020 – 21:37 WIB
Politikus PDIP Diah Pitaloka. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Kegaduhan kembali menyeruak di sosial media saat muncul berita terkait ucapan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi yang menyebut musuh terbesar Pancasila adalah agama.

Politikus PDI Perjuangan Diah Pitaloka menyayangkan bila masih ada upaya mempertentangkan agama dengan Pancasila.

BACA JUGA: Sebut Agama Jadi Musuh Terbesar Pancasila, Kepala BPIP Diserbu Kecaman di Twitter

"Tidak tepat itu agama dan Pancasila kok dipertentangkan. Jangan buat opini semacam itu. Pancasila melindungi semua warga negara untuk menjalankan kepercayaannya," kata Diah, Rabu (12/2).

Anggota Komisi VIII DPR itu menambahkan, Undang-Undang Dasar (UUD) NRI 1945 menjamin praktik beragama di Indonesia. "Pancasila itu diilhami oleh nilai-nilai spiritualitas, karena masyarakat kita adalah masyarakat yang religius, masyarakat yang beragama. Untuk itulah UUD kita menjamin praktik beragama kita," ujarnya.

BACA JUGA: Pesan Khusus Jokowi kepada Kepala BPIP yang Baru

Diah juga meminta semua pihak tidak larut dalam polemik ini. Ia mengingatkan agar masyarakat tidak mau dimanfaatkan oleh para pembonceng.

"Kita semua harus menjaga Pancasila sebagai dasar dan falsafah negara. Jangan sampai polemik begini dimanfaatkan oleh mereka yang mau ganti dasar negara, karena mereka suka kalau kita terpecah belah," katanya. (boy/jpnn)

BACA JUGA: KSPSI: Jika Pendukung Jokowi Sampai Turun ke Jalan, Ini Ada yang Salah

Tag
Pancasila   PDIP   agama   BPIP  

Terpopuler