PDIP Masih Merahasiakan 75 Pasangan Cakada

Selasa, 04 Agustus 2020 – 21:17 WIB
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Selasa (4/8). Foto: Fathan/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya akan mengumumkan 75 calon kepala daerah (cakada) dan wakil kepala daerah tahap ketiga yang akan mengikuti Pilkada 2020.

Pengumuman akan dilaksanakan menjelang HUT ke-75 RI, Senin 17 Agustus.

BACA JUGA: Tetap Tertib di Masa Pandemi, PDIP Serahkan Data Pengurusnya di Daerah ke KPU

Meski begitu, Hasto masih merahasiakan detail nama atau daerah mana saja yang akan diumumkan.

Salah satu nama calon kepala daerah yang cukup ditunggu publik ialah untuk Medan dan Surabaya.

BACA JUGA: PDIP Tunjuk Djarot Saiful Hidayat sebagai Ketua DPD Sumut

Pada pengumuman sebelumnya, PDIP memastikan mengusung Gibran Rakabuming di Pilwalkot Solo, setelah berbulan-bulan penuh drama politik serta spekulasi.

Namun, untuk Pilwalkot Medan di mana Bobby Nasution muncul, dan Pilwalkot Surabaya di mana Tri Rismaharini sudah tak bisa maju lagi, PDIP belum memutuskan.

BACA JUGA: 2 Kantor Partai Diserang Molotov, PDIP Menduga Ini Motifnya

"Untuk yang selanjutnya, akan kami umumkan 75 pasangan calon sekaligus," kata Hasto, di sela-sela penyerahan berkas resmi pengurus daerah partainya ke KPU, Selasa (4/8).

Menurut dia, PDIP belum mengumumkan detail nama dan daerah karena politik itu memerlukan kalkulasi, semua diperhitungkan dengan matang.

Maka itu calon kepala daerah tak asal diumumkan.

Hasto mengemukakan sengaja memilih pengumuman 75 cakada jelang peringatan kemerdekaan RI agar semangatnya terwariskan.

"(Pengumuman ini, red) sekaligus membangun spirit patriotisme nasionalisme dalam rangka kemerdekaan Indonesia. Dalam waktu dekat kami akan umumkan," kata Hasto.

Pada kesempatan itu, Hasto juga mengatakan, pihaknya akan melaksanakan pendaftaran secara serentak untuk calon kepala daerah yang diusung di pilkada serentak 2020.

Rencananya akan dilaksanakan pada 4 September mendatang.

"PDI Perjuangan akan melakukan pendaftaran itu pada hari pertama secara serentak pada tanggal 4 September 2020 itu bertepatan dengan hari Jumat. Nanti setelah jumatan. Kami menyesuaikan waktu Indonesia timur, tengah, dan barat," kata Hasto.

Dia juga menyatakan kepercayaan diri pihaknya atas kemampuan para calon kepala daerah yang diusung partainya di pilkada serentak 2020.

Sebab semua nama dihasilkan berdasar proses yang sehat, penuh gagasan, dan berbasis komitmen membangun masa depan yang lebih baik.

Kondisi itu didukung oleh PDIP yang didukung oleh akar grassroot yang kuat di tingkat bawah, dengan strategi utama gotong royong.

"Kami punya akar kuat di grassroot, dan kami mempersiapkan calon kepala daerah dengan sebaiknya. Kami punya strategi gotong royong, strategi komunikasi baik, dan sekolah calon kepala daerah. Maka siapa pun calon kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan, pasti akan siap berkontestasi secara sehat dan demokratis, melawan calon independen dan parpol lain," pungkasnya. (tan/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler