Gelar Program Try Out SBMPTN

PDIP Membantu Ribuan Siswa Jelang Masuk PTN

Rabu, 28 Maret 2018 – 16:25 WIB
Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemuda dan Olahraga Sukur H Nababan (kiri) bersama Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri dan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: Dok. PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan akan menggelar Program Try Out Nasional Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBM-PTN), secara serentak di 34 Provinsi dan Kabupaten, pada Minggu 29 April 2018.

Program Try Out ini ditujukan agar siswa memiliki bekal pengetahuan untuk menghadapi SBMPTN, dan dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yang menjadi favoritnya.

BACA JUGA: Semua Pemain Politik Harus Paham Jokowi Kader PDIP

Kegiatan ini merupakan program kerja strategis DPP PDI Perjuangan bidang Pemuda dan Olahraga (Pora), yang ditetapkan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, pada Rakernas III PDI Perjuangan, di Bali, pada 23-25 Februari 2018.

Demikian disampaikan Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemuda dan Olahraga Sukur H Nababan, Rabu (28/3/2018).

BACA JUGA: Kader PDIP Tantang Wasekjen PD Ungkap Biang Persoalan e-KTP

"Program Try Out ini merupakan tanggung jawab moral partai untuk membantu dunia pendidikan di Indonesia. Try Out ini akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, melalui semua pengurus partai, mulai DPP, DPD, DPC dan PAC di bidang Pemuda dan Olahraga (Pora)," paparnya.

Politikus muda yang gemar bernyanyi lagu batak ini menargetkan, sekitar 600 ribu pelajar yang akan mengikuti Try Out. Peserta yang ikut merupakan lulusan SMA/sederajad, atau rentang usia 16-21 tahun.

BACA JUGA: Pentolan Fraksi PDIP Berharap Anies Menyadari Kesalahan

"Try Out akan diikuti oleh para siswa, mulai dari kelas 11 & III SMA / sederajat, dan yang baru lulus di seluruh Indonesia. Mental dan psikologi mereka akan dilatih dalam menghadapi SBMPTN, karena suasana Try Out sama dengan suasana pada saat SBMPTN nanti,” tuturnya.

Program Try Out ini diharapkannya, semua siswa sekolah bisa masuk PTN favorit terbaiknya, di Indonesia.

"Try Out ini dilaksanakan karena besarnya animo pelajar di sekolah untuk masuk PTN, sekaligus membantu para siswa yang kurang beruntung masuk kampus favorit terbaiknya. Pelajar harus menjadi motor perubahan bagi negeri ini,” tegas Sukur.

Lebih lanjut Sukur menjelaskan, pelaksanaan Try Out ini dilakukan dengan bekerjasama semua struktur partai perjuangan di daerah. Pendaftaran peserta dibuka di kantor PAC dan DPC partai di daerah, berkoordinasi dengan kepala sekolah, guru, Diknas pendidikan, anggota dewan setempat, dan tokoh masyarakat.

"DPD sebagai supervisi pelaksana, DPC sebagai pelaksana utama dan PAC sebagai pelaksana pembantu Try Out,” terangnya.
Mengenai biaya, Sukur mengatakan, peserta dikenakan Rp 1.000 rupiah untuk Try Out SBMPTN.

“Peserta akan mendapatkan sejumlah modul, mulai dari soal ujian, sampai profile setiap PTN terbaik di Indonesia,” paparnya.

PDI Perjuangan Bidang Pemuda dan Olahraga sebelumnya, telah menyelenggarakan Try Out Nasional secara serentak di seluruh Indonesia, pada 2016.

Kegiatan ini diikuti sekitar 300.000 pelajar yang dibuka langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputr, pada 21 Mei 2016. Try Out SBMPTN 2016 juga mendapat 'REKOR MURI' dengan katagorI peserta terbanyak yang dilakukan serentak se-Indonesia.(fri/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pakai Kaus Kuning Bukan Berarti Jokowi Gandeng Airlangga


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler