PDIP-PPP Paketkan Iing-Jeje

Senin, 17 Juni 2013 – 08:31 WIB
CIAMIS – DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Ciamis sepakat untuk membangun koalisi dalam menghadapi Pilkada Kabupaten Ciamis 2013.

Kedua partai ini juga sepakat memaketkan Drs H Iing Syam Arifin dengan Jeje Wiradinata.

Kesepakatan itu dicapai dalam pertemuan antara pengurus DPC PDIP dengan DPC PPP Kabupaten Ciamis di Rumah Makan Zoro Joy, Dusun Bangunsirna Desa Sukamaju Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis Minggu sore (16/6).

Pertemuan itu dihadiri Ketua DPC PPP Engking Sakribuana, Sekretaris DPC PPP Kabupaten Ciamis Wowo Kustiwa, Wakil Ketua DPC PPP Drs Oyat Nurayat MAg, Ketua DPC PDIP Jeje Wiradianta, Bendahara DPC PDIP H Asep Roni dan Sekretaris DPC PDIP Oih Burhanudin.

Dihubungi usai pertemuan sekitar pukul 17.00, Sekretaris DPC PDIP Oih Burhanudin mengatakan pertemuan PDIP dengan PPP tidak lain dalam rangka silaturahmi. Karena, sebelumnya sudah mewancanakan untuk berkoalisi.

Sekarang, PDIP sepakat membangun koalisi dengan PPP sekaligus pemaketan Iing dengan Jeje. “Kami sepakat membangun koalisi dengan PPP sekaligus acara pemaketan Iing dan Jeje,” papar Ketua Penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis di PDIP ini.

Oih menerangkan sebelumnya sudah disampaikan bahwa Jeje merupakan kader partai yang mendapat skor tertinggi dalam survei. Sedangkan dari non partai adalah Iing tertinggi. Hasil survei, Iing yang mempunyai elektabilitas dan popularitas  tertinggi.

Untuk itu, tegas dia, PDIP dengan PPP sepakat untuk memaketkan Iing dan Jeje. Iing untuk Calon Bupati Ciamis (C1) dan Jeje untuk Calon Wakil Bupati Ciamis (C2). “Kita melangkah kepada pemaketan dan telah sepakat Iing dan Jeje,” kata pria yang kini menjabat Ketua Komisi I DPRD Ciamis ini.

Oih menyatakan PDIP baru sepakat berkoalisi dengan PPP. PDIP juga terbuka bagi partai-partai lain untuk ikut koalisi. PDIP siap menjajaki untuk melakukan koalisi dengan partai lainnya.

Secara terpisah, Wakil Ketua DPC PPP Kabupaten Ciamis Drs Oyat Nurayat MAg menjelaskan PPP sejak dulu mengusung Iing. Nah, sekarang PPP dengan PDIP sepakat membangun koalisi dan menjurus ke pemaketan Iing-Jeje.

“Kesepakatan koalisi dan pemaketan ini akan terus dibangun dengan partai-partai lain,” jelas pria yang kini tercatat sebagai anggota Komisi III DPRD Kabupaten Ciamis ini.

Bagaimana kelanjutan kualisi PPP dengan Gerindra, Hanura dan PKS? Oyat menyatakan komunikasi masih terus berjalan. Namun perlu diketahui bahwa yang terbangun di Gerakan Nurani Bersatu Menuju Sejahtera (GNBS) bukan koalisi, melainkan penjajakan.

Intinya, menurut dia, PPP belum menyatakan keluar dari GNBS dan belum menyatakan koalisi. “Kami masih menjajaki saja, bahkan terus melakukan komunikasi dengan partai-partai lain untuk koalisi,” pungkas dia. (isr)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Aturan KPU Dianggap Ganjal Perempuan di Nomor Urut Favorit

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler