PDIP Punya Calon Sendiri untuk Pilkada Jakarta, Bukan Bagian KIM Plus yang Usung RK

Senin, 05 Agustus 2024 – 19:50 WIB
Ketua DPP PDIP Said Abdullah. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Said Abdullah memberi sinyal bahwa PDIP tidak akan menjadi bagian Koalisi Indonesia Maju Plus yang disebut-sebut akan mengusung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024.

Said memastikan bahwa PDIP memiliki calon yang akan diusung. Saat ini, dia berujar bahwa PDIP tengah meneliti sosok yang akan diusung pada Pilkada Jakarta 2024.

BACA JUGA: RK Maju Pilkada Jakarta? PDIP Singgung Soal Kader Internal dan Sosok Anies

"Kami lagi menggodok calon sendiri," kata Said menjawab awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/8).

Legislator dari Daerah Pemilihan XI Jawa Timur, itu  mengatakan PDIP juga tengah membangun komunikasi dengan partai politik lain, untuk bisa bekerja sama mengusung kandidat di Pilkada Jakarta 2024.

BACA JUGA: PDIP dan Gerindra Kabupaten Bogor Siap Bahas Kerja Sama di Pilbup 2024

Hanya saja, Said yang juga ketua Badan Anggaran DPR RI itu tidak mau menyebut nama partai yang tengah diajak PDIP berkomunikasi untuk bisa mengusung kandidat. "Ya rahasia, lu buka nanti," kata Said.

Lebih lanjut Said juga menyatakan bahwa PDIP bersikap santai sekaligus menyambut positif pembentukan KIM Plus yang bakal mengusung RK pada Pilkada Jakarta 2024.

BACA JUGA: PDIP Memperingati 28 Tahun Kudatuli, Bikin Pertunjukan Wayang Sumatri Ngenger

"Ya, wajar saja, apa yang mau dikomentari. Masa orang melakukan sesuatu, PDI Perjuangan kemudian akan marah. Begitu juga ketika PDIP melakukan sesuatu dengan otonomi dan kedaulatan yang dimiliki oleh PDI Perjuangan, tiba-tiba pihak lain akan marah, kan, tidak juga, biasa saja," katanya.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut RK bakal diusung di Pilkada Jakarta 2024 oleh gabungan partai yang tergabung dalam KIM Plus.

"Insyaallah di KIM Plus sudah muncul satu nama, yaitu Ridwan Kamil, untuk Pilkada DKI Jakarta," kata Dasco menjawab awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/8).

Diketahui, KIM ialah poros politik yang terdiri dari Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PSI, hingga PBB untuk mengusung paslon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024 RI.

Namun, Dasco tidak bisa memerinci nama partai di luar KIM pada Pilpres 2024 RI yang akan menyusul mendukung RK untuk membentuk KIM Plus.

Wakil ketua DPR RI itu hanya menyebut ada lebih dari satu partai di luar KIM pada Pilpres 2024 RI yang akan mendukung RK pada Pilkada Jakarta 2024.

"Plusnya lebih dari satu. Ya, nanti sehari atau dua hari, kan, ketahuan, kan, asal sinkronisasinya," ujar Dasco. (ast/jpnn)


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler