PDIP Tak Terbendung, Gerindra dan Golkar Pasrah

Minggu, 21 April 2019 – 13:44 WIB
Panji-panji PDI Perjuangan. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, TABANAN - PDI Perjuangan benar-benar menunjukkan kedigdayaannya di Pulau Bali. Di wilayah Kabupaten Tabanan, partai berlambang kepala banteng itu tak tertandingi.

Berdasar hitungan sementara dari hasil Pemilu 2019, PDIP mampu menguasai 31 kursi di DPRD Tabanan. Sementara Partai Gerindra, Golkar dan Demokrat yang pada Pemilu 2014 mampu memberikan perlawanan, kini tidak berdaya.

BACA JUGA: Apakah Jokowi dan Prabowo Sadar? Cuma Mereka yang Bisa Redam Emosi Publik

Ketua DPC Partai Gerindra Tabanan Ni Nengah Sri Labantari mengakui suara partainya anjlok. Dia menduga ada efek pemilihan presiden.

“Kita tahu Partai Gerindra tidak diterima (di wilayah Tabanan, red). Itu pun syukur kalau kali ini masih ada yang mau memilih,” ujarnya seperti diberitakan Radar Bali.

BACA JUGA: Pemilu 2019: Kematangan, Legitimasi, dan Stabilitas Demokrasi

Baca juga:

Banteng Kian Perkasa di Pulau Dewata, Akar Beringin Tergerogoti

BACA JUGA: Arie Untung Ajak Warganet Bantu Kawal KPU

Empat Caleg PDIP Dapil Neraka Lolos Dari Kepungan Kandang Golkar

Nengah pun tak tahu harus bagaimana lagi. Kalau sudah turun mau gimana lagi. Mengenai suara caleg belum ada masih dalam proses penghitungan,” tuturnya.

Golkar juga bernasib serupa. Ketua DPD Partai Golkar Tabanan Arya Budi Giri (ABG) mengatakan, banyak faktor yang membuat partainya kehilangan suara pada Pemilu 2019.

“Semula dapat kursi enam, kalau sekarang bisa jadi turun. Namun saya belum tahu penurunannya karena masih proses rekapitulasi,” kata ABG.

Menurutnya, kader Golkar di Tabanan sudah berupaya maksimal untuk menjaring pemilih. Namun, katanya, situasi di lapangan memang berubah cepat dan tidak bisa diantisipasi.

ABG menuturkan, penurunan suara Golkar di Tabanan disebabkan banyak hal. Mulai faktor kekalahan pada Pilgub Bali, kasus Setya Novanto, hingga persoalan hukum yang membelit tokoh Golkar Bali I Ketut Sudikerta.

“Ini juga berimbas pada penurunan suara partai dan raihan suara caleg legislatif partai Golkar di Tabanan,” tandasnya.(rb/jul/mus/JPR)
Video Pilihan redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kisah Anggota KPPS Meninggal Dunia, Mirip yang Ditonton Istri di TV


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler