Peduli Lansia, PAPDI Jaya Gelar Pemeriksaan Kesehatan dan Vaksinasi Influenza

Minggu, 28 Juli 2024 – 12:28 WIB
Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PAPDI) Cabang Jakarta menggelar pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi influenza untuk para lanjut usia alias lansia. Foto: Dok. PAPDI

jpnn.com, JAKARTA - Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PAPDI) Cabang Jakarta menggelar pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi influenza untuk para lanjut usia alias lansia.

Kegiatan hasil kolaborasi PAPDI dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Dinas Sosial DKI Jakarta itu diadakan di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3, Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (27/7).

BACA JUGA: Istri Siri Cekcok dengan Lansia, H Tak Terima, Banjir Darah

Dr. Agasjtya Wisjnu, SpPD, FINASIM, selaku Ketua Panitia Pelaksana Bakti Sosial mengatakan, dokter spesialis penyakit selalu memberikan perhatian khusus kepada para lansia untuk tetap sehat, bugar, dan beraktivitas dengan optimal.

Kegiatan tersebut rutin dilakukan sebagai bentuk perwujudan dan pengembangan Ilmu Penyakit Dalam Sosial.

BACA JUGA: Peduli Kesehatan Pekerja, VDNI Beri Vaksinasi Influenza Gratis

“Dokter Spesialis Penyakit Dalam tidak hanya duduk di kursi praktik, di dalam gedung bertingkat, di klinik atau rumah sakit, namun juga aktif terjun langsung ke masyarakat seperti yang kami lakukan," kata dr. Agasjtya Wisjnu dalam keterangan resmi.

Kepala Bagian Tata Usaha Panti Sosial Werdha Budi Mulia 3, Khomsiatun, S.Sos, M.Si, mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh PAPDI Jakarta untuk memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif kepada masyarakat, terutama para lansia.

BACA JUGA: Cegah ISPA, GSK dan Good Doctor Gencarkan Vaksinasi Influenza

Menurutnya, saat ini ada 4 Panti Werdha yang tersebar di DKI Jakarta yang dihuni oleh para lansia baik mandiri, semi-mandiri, dan maupun yang hanya dapat beraktivitas di tempat tidur saja.

"Khusus Panti Werdha Budi Mulia, saat ini ada lebih dari 350 orang dengan berbagai kegiatan yang diadakan setiap hari, baik bimbingan rohani, olahraga, dan rekreasi," jelasnya.

Kepala Seksi Tenaga Kesehatan Dinas Kesehatan, dr. Aliyah Cendanasari, MKM menyampaikan terima kasih kepada PAPDI Jakarta yang telah menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi dengan baik dan terorganisir dengan baik.

"Semoga kolaborasi yang baik antara PAPDI Cabang DKI Jakarta, dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta akan semakin baik di kemudian hari," ucap Aliyah.

Sementara itu, Plt. Ketua PAPDI Cabang Jakarta, Dr. dr. Edy Rizal Wahyudi, SpPD, K-Ger, mengatakan kegiatan bakti sosial ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi yang baik antara PAPDI Cabang DKI Jakarta dengan PT. Kalventis Sinergi Farma dalam hal ini produsen vaksin influenza yang sudah banyak digunakan di masyarakat.

Dia berharap, PAPDI akan terus mengusahakan agar lansia khususnya di DKI Jakarta tetap sehat dan bugar, dengan terus bermitra dengan perusahaan besar yang memiliki minat dan perhatian khusus kepada kesehatan lansia, dengan menyelenggarakan kegiatan serupa.

"Kami juga sedang menyiapkan kegiatan-kegiatan yang utamanya memuliakan para lansia di DKI Jakarta agar di masa tuanya tetap sehat dan bersemangat," tambahnya.

Bakti sosial pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi influenza diikuti lebih dari 300 penghuni panti sosial.

Acara dimulai dengan pemeriksaan kesehatan khusus pasien lanjut usia pada pagi hari, dilanjutkan dengan edukasi kesehatan, dan diakhiri dengan vaksinasi influenza secara gratis.

Setiap pasien yang mendapatkan pemantauan sebelum dan sesudah pemberian vaksinasi.

Kegiatan tersebut melibatkan tenaga medis yaitu 20 Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang tergabung dalam PAPDI Cabang Jakarta.

 (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler