Peduli Lingkungan, AP II Tanam 60 Ribu Mangrove

Kamis, 23 Mei 2013 – 00:38 WIB
KARAWANG - PT Angkasa Pura II terus berusaha melestarikan alam dengan meresmikan penanaman 60 ribu pohon bakau di hutan mangrove di Dusun Sukajadi, Desa Pusaka Jaya Utara, Karawang seluas 2,5 hektar.

Direktur Keuangan AP II Laurensius Manurung mengatakan penanaman ini bukanlah baru pertama kali dilakukan. "Sudah dimulai sejak bulan Juni 2012 dan menelan dana sebesar Rp 278 juta," ujar Laurens dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/5).

Penanaman ini terlaksana atas kerjasama AP II dengan BPN-GPI (Badan Pekerja Nasional Gerakan Peghijauan Indonesia) yang difasiliitasi oleh BLUPPB (Balai layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya) Karawang di bawah Departemen Kelautan dan Perikanan RI.

Selama tahun 2010 sampai 2012, AP II telah menyalurkan sebanyak 246 ribu pohon dengan total nilai sebesar Rp 3,1 miliar. "Untuk pohon Mangrove sendiri yang telah ditanam sebanyak 155.150 pohon dengan nilai sebesar Rp 616 miliar," papar Laurens.

Di tempat yang sama, Kepala BPN-GPI M Nurdin menegaskan bahwa hal ini dilakukan sesuai instruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Peresmian ini merupakan implementasi dari gerakan penanaman 1 miliar pohon sesuai instruksi presiden dalam upaya menjaga kelestarian alam," terang Nurdin.

Pihaknya berharap bantuan ini dapat bermanfaat dalam mengurangi banjir dan abrasi yang lebih luas di daerah ini, dengan menjaga dan memelihara hutan mangrove.

Turut hadir dalam peresmian ini jajaran dari PKBL AP II, BPN-GPI, BLU-PPB Karawang dan 60 siswa siswi dari SMA 1 Pedes, MAN tengah rengas Dengklok yang tergabung dalam pemuda pencinta alam seputar pantai utara dan selatan Karawang. Selain itu, peresmian ini didokumentasikan melalui sebuah prasasti. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... RI-PNG Kerja Sama ESDM

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler