Pegawai Bea Cukai Muhammad Rifki Al Habib Raih Anugerah ASN 2020

Senin, 14 Desember 2020 – 18:46 WIB
Pegawai Bea Cukai Muhammad Rifki Al Habib meraih Anugerah Aparatur Sipil Negara Tahun 2020. Foto: Humas Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai kembali mendapatkan penghargaan dalam ajang Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2020 yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Pegawai Direktorat Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan Muhammad Rifki Al Habib berhasil meraih gelar The Future Leader bersama dua orang ASN lainnya. 

BACA JUGA: Kamrussamad: Petugas Bea Cukai di Lapangan Patut Diberi Penghargaan

Muhammad Rifki Al Habib yang mulai mengabdi di Bea Cukai sejak 2014, berhasil memenangkan kategori The Future Leader setelah lolos dalam tiga tahap seleksi.

Kategori tersebut diberikan kepada pegawai negeri sipil (PNS) insipratif muda dan potensial terbaik yang patut diteladani, mampu menginspirasi dan memotivasi ASN dan atau masyarakat yang inovasi, prestasi, atau karyanya tersebut mendukung tugas pokok dan fungsi jabatannya.

BACA JUGA: Aktualisasikan Integritas, Bea Cukai Diganjar Penghargaan Wilayah Bebas Korupsi

Habib memiliki berbagai inovasi di bidang sosial, pengetahuan, minat dan bakat, sebagai bentuk respons terhadap kondisi pandemi Covid-19 yang tengah terjadi.

Habib menginisiasi Bea Cukai Peduli bersama seluruh pegawai BC milenial dengan membagikan paket sembako meringankan beban warga yang terdampak pandemi Covid-19 secara langsung.

BACA JUGA: Pesan Dirjen Bea Cukai untuk Jajarannya soal Program PEN dan Omnibus Law

Selain itu Habib juga menginisiasi berbagai program yang berhasil memberikan ruang dan kesempatan kepada ratusan pegawai Bea Cukai muda di seluruh Indonesia untuk bersama-sama berkarya dan berkontribusi demi kemajuan organisasi.

Hal ini juga dimaksudkan sebagai kaderisasi kepada pegawai Bea Cukai untuk dapat menjadi pemimpin di masa depan.

Salah satu inovasi yang diluncurkan adalah pelaksanaan Parade Sosialisasi Bea Cukai, sebuah sarana penyuluhan dan sosialisasi secara daring.

Setidaknya dalam kurun waktu dua bulan pelaksanaannya, sudah terselenggara 29 Parade Sosialisasi.

Hingga kini terdapat puluhan acara sosialisasi lainnya yang dapat dilihat di akun Instagram @eventbeacukai.

Hal tersebut menunjukkan adaptabilitas di tengah pandemi Covid-19 serta pemanfaatan teknologi dan informasi.

Anugerah ASN Tahun 2020 yang bertema “ASN Berkinerja dan Berdampak Nyata”, ini merupakan bentuk apresiasi kepada sosok yang telah memberikan kontribusinya dan sudah dirasakan langsung baik oleh organisasi maupun masyarakat.

Pada 2020 ini, penilaian dikhususkan bagi nomine yang mempunyai inovasi dan kontribusi dalam penanganan Covid-19.

Berdasarkan data dari KemenPAN dan RB,  total ASN yang mendaftar Anugerah ASN 2020 yang dibuka selama 45 hari sejak 27 Juli 2020 hingga hari terakhir penutupan pada 9 September 2020, terdapat 945 usulan untuk tiga kategori. Perinciannya, kategori PNS Inspiratif sebanyak 732 usulan, kategori The Future Leader 142, dan kategori Pimpinan Pejabat Tinggi (PPT) Teladan 71.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga DJBC Kemenkeu Syarif Hidayat mengatakan BC merasa senang terdapat standarisasi dari kementerian lain, terutama kementerian yang memang memiliki kewenangan terhadap ASN.

"Kami harap Habib dapat menjadi contoh bagi pegawai muda lain, sekaligus menjadi penyemangat bagi para seniornya di Bea Cukai,” ungkap Syarif.

Ia berharap Habib dapat memberikan kontribusi lebih luas.

Tidak hanya di Bea Cukai, melainkan bagi rekan sesama ASN, dan masyarakat pada umumnya.

Syarif pun membeber rencana pengembangan kepegawaian di Bea Cukai ke depannya. 

Menurut dia, melihat hasil beberapa tahun ke belakang terkait apresiasi terhadap ASN yang diberikan KemenPAN dan RB ini, pihaknya optimistis bahwa sistem pengembangan pegawai yang sudah Bea Cukai lakukan membuahkan hasil yang baik.

"Sehingga kami berharap ke depannya dapat melahirkan ASN yang memiliki inovasi dan kontribusi secara luas,” tambah Syarif.

Selain Habib, Bahaduri Wijayanta Bekti Mukarta, Direktur Penindakan dan Penyidikan juga berhasil menempati 10 besar Pejabat Pimpinan Tinggi Teladan pada Anugerah ASN tahun ini.

Beberapa pegawai Bea Cukai lainnya juga pernah memenangkan Anugerah ASN.

Pada 2019, Dwi Teguh Wibowo, Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Priok menang pada kategori Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Teladan.

Kemudian, Jaya Setiawan Gulo yang saat ini bertugas di Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, memenangkan kategori PNS Inspiratif. (*/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Bea Cukai   ASN   Penghargaan  

Terpopuler