Pelabuhan Tanjung Carat Ditargetkan Groundbreaking di 2024, Ini Langkah Pj Gubernur Sumsel

Senin, 16 Oktober 2023 – 08:35 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melaksanakan rapat terbatas bersama Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni di Griya Agung, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (14/10). Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, PALEMBANG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan groundbreaking (mulai kontruksi) pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat pada 2024 mendatang.

Menhub Budi Karya menyampaikan hal tersebut dalam rapat terbatas bersama Pj Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni di Griya Agung, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (14/10).

BACA JUGA: Naik Kapal Patroli, Bea Cukai Dampingi Gubernur Sumsel Kunjungi Lokasi Pelabuhan Tanjung Carat

Menhub Budi Karya mengatakan nantinya seluruh kendala yang berkaitan dengan proses administrasi, seperti lahan dan sebagainya diharapkan bisa tuntas dalam waktu dekat.

Dia juga optimistis pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat akan di-groundbreaking dan secepatnya beroperasional.

BACA JUGA: Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Sebut Penanganan Karhutla Dinilai Sangat Mendesak

"Tahun depan semuanya akan kami selesaikan, baik itu administrasi, Amdal-nya, anggaran dan sebagainya. Insyaallah 2024 sudah bisa dimulai groundbreaking Pelabuhan Tanjung Carat," kata Menhub Budi Karya.

Menhub menilai keberadaan Pelabuhan Tanjung Carat nantinya sangat penting, mengingat selama ini seluruh komoditi, pertambangan, dan urusan logistik lainnya dikirim ke pelabuhan di Lampung.

BACA JUGA: Cek Inflasi, Pj Gubernur Sumsel Blusukan ke Agenda Operasi Pasar

Hal itu dikarenakan kondisi Pelabuhan Boom Baru Palembang masih belum mampu meng-cover penuh, karena lokasinya berdekatan dengan perkotaan dan dangkal.

Karena itu, Menhub Budi Karya meminta instansi terkait untuk secepatnya mengurus seluruh persyaratan yang harus diselesaikan.

Pihaknya juga akan terus mendorong percepatan pelaksanaannya di tingkat kementerian di pusat.

"Baik itu dengan (Kementerian) KLHK, ATR/BPN, PUPR untuk akses jalan dan lain-lainnya akan kami bantu dan terus dorong," ujar Menhub Budi.

Saat ini banyak investor yang berminat untuk berinvestasi di wilayah Pelabuhan Tanjung Carat, mulai dari bidang curah, padat dan cair dipastikan akan turut berinvestasi.

Progresnya masih menunggu kepastian dari investor bidang kontainer atau logistik dalam pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat.

Senada disampaikan Menhub Budi Karya, Pj Gubernur Agus Fatoni sepakat untuk merealisasikan pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat.

Terlebih, nantinya bisa berdampak positif yang sangat besar bagi Sumatera Selatan.

"Pada prinsipnya semua program yang masuk ke Sumsel, baik dalam hal kelancaran transportasi dan pelayanan publik, pasti kami dukung," tegas Pj Gubernur Agus Fatoni.

Dia mengaku membahas membahas berbagai hal dalam rapat terbatas dengan Menhub Budi Karya, termasuk merealisasikan Pelabuhan Tanjung Carat.

"Apa-apa saja yang harus kami lakukan dan langkah-langkah percepatannya," beber Fatoni.

Fatoni juga menekankan rencana pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat harus dilakukan secara optimal.

Dia akan meminta instansi terkait melakukan inventarisir untuk percepatannya.

"Kebetulan sekali, saya mengikuti pembahasan Pelabuhan Tanjung Carat di kementerian dan tahu perkembangannya. Semoga pembangunannya bisa segera dilaksanakan dan kami akan melakukan koordinasi secara intens untuk merealisasikannya," ujar Fatoni. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler